Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Perkenalkan Prosesor 4 GHz Pertama

Kompas.com - 04/06/2014, 12:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Sembari menunggu kehadiran keluarga prosesor Core i Generasi Kelima (Broadwell), Intel memperkenalkan model prosesor desktop baru bernama Core i7-4790K.

Prosesor yang memiliki kode "Devil's Canyon" itu diperkenalkan secara resmi oleh Presiden Korporat Intel Renee James pada sesi keynote Computex 2014 di Taiwan, Selasa (3/6/2014).

Fitur yang ditonjolkan Intel Dari Core i7-4790K adalah frekuensi kerjanya yang mencapai angka 4 GHz dalam kondisi default alias standar dari pabrik.

Sebelumnya, kecepatan itu hanya bisa dicapai oleh prosesor Intel saat berada dalam mode "Turbo" atau ketika di-overclock.

"Ini adalah prosesor pertama dengan empat core yang berjalan pada kecepatan 4 GHz," ujar James saat berbicara di panggung.

Dia menambahkan bahwa frekuensi Core i7-4790K masih bisa digenjot lebih jauh lagi melalui teknik overclocking yang dibuat mudah dengan faktor pengali (multiplier) bersifat terbuka.

Secara arsitektur, Core i7-4790K sebenarnya tak berbeda dari para pendahulunya, masih dengan basis "Haswell" seperti yang terdapat pada keluarga Intel Core i Generasi Keempat.

Hanya saja, Intel memodifikasi sejumlah aspek dari prosesor tersebut, seperti penghantar panas (thermal interface) yang diklaim mampu menurunkan suhu operasi dan pengatur daya yang mencegah terjadinya fluktuasi voltase atau "droop".

Core i7-4790K menggunakan kemasan socket LGA 1150 dan kompatibel dengan motherboard berbasis chipset seri 9 atau Z87.

Pihak Intel mengatakan bahwa prosesor ini dimaksudkan sebagai pengganti chip generasi sebelumnya, Core i7-4770K dan akan dihargai sama. Sebagai informasi, Core i7-4770K dibanderol pada kisaran harga Rp 3,9 juta di pasaran Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com