Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bela Kebijakan Anti Foto Telanjang

Kompas.com - 07/06/2014, 09:40 WIB
Pendiri Instagram mengatakan kepada BBC bahwa aturan aplikasi tentang foto telanjang itu "adil".

Perusahaan itu menghadapi kecaman setelah menghapus foto-foto topless wanita.

Tapi CEO jejaring sosial itu Kevin Systrom mengatakan bahwa peraturan itu membuat Instagram menjadi "tempat paling aman untuk kalangan remaja dan dewasa".

Instagram memberlakukan ketentuan: "Dilarang memasang foto kekerasan, telanjang, setengah telanjang, pornografi atau foto yang mengandung unsur seks."

Pernyataan ini muncul setelah Scout Willis, putri Bruce Willis dan Demi Moore, memprotes salah satu fotonya yang dihapus dari Instagram.

Rihanna, yang memiliki 1,3 juta pengikut di Instagram sebelum menutup akunnya, menyatakan dukungan terhadap kampanye Instagram ini.

Berbicara secara eksklusif untuk Newsbeat BBC, Kevin Systrom mengatakan aturan itu berlaku sama untuk selebriti dan pengguna biasa.

"Tujuan kami adalah benar-benar memastikan bahwa Instagram, apakah Anda seorang selebriti atau bukan, adalah tempat yang aman dan berisi muatan yang sesuai untuk remaja dan juga untuk orang dewasa," katanya.

"Kita perlu membuat aturan-aturan tertentu untuk memastikan bahwa setiap orang dapat menggunakannya."

Seiring dengan popularitasnya, Instagram telah menghadapi peningkatan pengawasan dari jenis foto dimuat di jejaring sosial.

Perusahaan ini sebelumnya memblokir istilah pencarian tertentu yang terkait dengan dugaan penjualan obat ilegal melalui aplikasinya. (BBC Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com