Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Ciptakan Sepatu Pengisi Baterai Gadget

Kompas.com - 10/06/2014, 11:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Umurnya masih muda, namun remaja 15 tahun bernama Angelo Casimiro ini sudah bisa membikin penemuan unik berupa sepatu pengisi baterai gadget.

Sepatu buatan Casimiro yang berasal dari Manila, Filipina itu diajukan untuk mengikuti kontes Google Science Fair 2014.

"Listrik dihasilkan di dalam sol oleh generator yang terbuat dari dua cakram piezo-electric," kata Casimiro menjelaskan penemuannya, sebagaimana dikutip oleh Gizmodo.

Energi listrik akan muncul ketika sepatu dipakai untuk berjalan oleh pemakainya. Arus listrik ini kemudian diteruskan untuk disimpan dalam sebuah power bank.

Dari situ, power bank bisa mengisi baterai gadget yang dibawa si pengguna sepatu.

Casimiro mengatakan bahwa, dengan dipakai main basket selama 2 jam, sepatu buatannya bisa mengisi baterai iPhone untuk bertahan 10 menit.

Waktu pengisian tersebut memang terbilang lambat. Sebuah baterai 400 mAh, lanjut Casimiro, baru bisa diisi penuh setelah pemakai sepatu melakukan jogging non-stop selama 8 jam.

Sepatu Casimiro sendiri sebenarnya bukan yang pertama mengusung konsep charger di alas kaki.

Sebuah perusahaan rintisan bernama SolePower pada 2013 lalu telah melakukan crowdfunding untuk pengembangan alat serupa.

Namun, tetap saja penemuan remaja berkacamata itu merupakan awal yang bagus untuk anak seusianya dan layak mendapat perhatian.

Casimiro mempublikasikan rangkaian video berisi penjelasan mengenai sepatu tersebut dan cara membuatnya di laman situs Instructables.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com