Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Mudik, XL Siap Diserbu Trafik Internet

Kompas.com - 12/06/2014, 14:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim mudik Lebaran 2014 akan segera datang. Seperti sebelum-sebelumnya, trafik layanan voice (telepon), SMS, dan data (internet) dari operator seluler diprediksi akan kembali meningkat selama masa tersebut.

XL Axiata memperkirakan trafik data di jaringannya akan mengalami kenaikan menjadi 422 terabyte atau tumbuh 30 persen dibandingkan trafik data hari biasa sebesar 325 terabyte.

Angka tersebut, menurut Head of Strategic Partnership Development XL Axiata Alvin Aslam, jauh lebih besar dibandingkan kondisi Lebaran tahun lalu di mana XL mencatat trafik data sebesar 225 terabyte.

Adapun trafik voice dan SMS juga diprediksi akan mengalami peningkatan dalam persentase yang lebih kecil.

"Kami prediksi Lebaran 2014 (trafik) voice naik antara lima sampai sepuluh persen, SMS naik antara sepuluh hingga lima belas persen," kata Alvin saat mengantar rombongan acara uji jaringan dari Jakarta hingga Yogyakarta, Kamis (12/6/2014).

Pada Lebaran 2013 lalu, XL mencatat trafik voice dan SMS justru menurun dibandingkan hari biasa, masing-masing minus 3,3 persen dan 28 persen, sementara trafik data mencatat kenaikan 21,6 persen.

Alvin menambahkan bahwa utilitas jaringan XL saat ini berkisar di angka 50-60 persen. "Jadi, masih aman. Kami juga mengantisipasi musim mudik ini untuk menjaga kenyamanan pelanggan," katanya.

Salah satu langkah antisipasi XL adalah menggelar mobile BTS di  21 titik di seluruh jalur mudik, dengan konsentrasi utama di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com