Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Firefox OS akan Masuk Indonesia

Kompas.com - 12/06/2014, 16:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia dipastikan masuk daftar negara yang ditargetkan oleh Mozilla untuk memasarkan smartphone berbasis Firefox OS. Smartphone tersebut diharapkan bisa dijual di Indonesia akhir tahun 2014.

Seorang eksekutif senior Mozilla yang tak mau disebut namanya mengatakan kepada The Wall Street Journal pada Rabu (11/6/2014), bahwa Firefox OS akan dijual di India dan Indonesia mulai akhir tahun ini, dengan banderol harga 25 dollar AS atau sekitar Rp 300 ribu.

Mozilla selama ini telah mengembangkan smartphone murahnya dengan sistem operasi yang mereka kembangkan sendiri, Firefox OS, sebagai alternatif dari Google Android dan Apple iOS.

Untuk memproduksi perangkat Firefox OS, Mozilla telah menggandeng empat produsen handset besar, termasuk ZTE dan LG.

Saat ini, Firefox OS sudah mulai dijual di negara-negara Eropa dan Amerika Latin, namun harganya lebih tinggi dari rencana awal, yaitu 60 dollar AS. Mozilla merasa harga itu masih mahal untuk konsumen di India dan negara-negara Asia Tenggara.

"Satu dollar AS saja bisa berarti banyak bagi konsumen di negara-negara berkembang," ujar Chief Operating Officer Mozilla, Gong Li seperti dikutip dari The Wall Street Journal. "Sulit menjual smartphone yang harganya di atas 50 dollar AS di pasar seperti itu," imbuhnya.

Karena itu untuk menekan harga, Mozilla menggandeng produsen chip Tiongkok, Spreadtrum Communications Inc., untuk membuat chip murah sehingga smartphone-nya bisa dijual di kisaran harga 25 dollar AS.

"Dengan banderol harga 25 dollar AS, maka tidak ada jarak antara smartphone dan feature phone, harga yang menarik ini akan memotivasi pengguna feature phone untuk beralih ke smartphone," demikian terang Li.

Walau demikian, Mozilla diramalkan akan menghadapi tantangan serius, sebab di negara-negara seperti India dan indonesia, banyak smartphone Android yang dijual dengan harga kompetitif, bahkan di bawah Rp 1 juta.

Di sisi lain, ekosistem Firefox dinilai belum kuat untuk melawan jutaan aplikasi yang dimiliki oleh Android dan iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com