Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nokia" Bakal Segera Lenyap?

Kompas.com - 18/06/2014, 11:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Nokia 8110

KOMPAS.com - Nokia adalah nama yang melegenda di dunia ponsel. Sayangnya, cerita brand asal perusahaan Finlandia itu agaknya bakal segera tamat, setidaknya sebagai merek smartphone.

Sebuah bocoran dokumen Microsoft yang dilansir oleh VentureBeat menunjukkan bahwa akhir riwayat merek Nokia sudah ditentukan.

"Microsoft bisa tetap menggunakan merek Nokia untuk perangkat Lumia selama 18 bulan ke depan (semenjak penutupan akuisisi Nokia oleh Microsoft)," tulis dokumen yang dibocorkan oleh evleaks itu.

Dokumen juga menyebutkan bahwa Microsoft masih bisa menggunakan brand Nokia untuk perangkat Nokia X hingga akhir 2015. Brand Nokia juga bisa digunakan untuk ponsel bikinan Microsoft hingga 10 tahun ke depan, tetapi dibatasi hanya bagi feature phone.

Berarti, merek Nokia akan segera menghilang dari muka ponsel pintar berbasis Windows Phone (Lumia) yang diproduksi oleh Microsoft selaku pemilik baru divisi handset Nokia.

Meski demikian, Microsoft menyatakan bakal tetap membuka toko-toko ritel dan pusat servis Nokia untuk saat ini.

Microsoft mengumumkan rencana akuisisi atas divisi handset Nokia pada September 2013. Proses pembelian itu telah dirampungkan pada April 2014. Divisi handset Nokia dinamai ulang menjadi Microsoft Mobile.

Di samping hak sementara atas brand ponsel "Nokia", Microsoft juga memiliki sejumlah merek dagang lain dari perusahaan yang dibelinya tersebut, termasuk "Asha", "Lumia", dan "PureView".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com