Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Sharp, Apple Mau Tinggalkan Samsung?

Kompas.com - 19/06/2014, 11:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Selama ini Samsung menjadi pemasok terbesar untuk komponen layar iPad. Namun, produsen komponen layar asal Jepang, Sharp bisa saja menggantikan peranan Samsung di masa mendatang.

Diberitakan oleh Mac Rumors (15/6/2014), perusahaan perakit produk-produk Apple, Foxconn sedang dalam tahap pembicaraan dengan Sharp untuk menyuplai layar yang digunakan dalam iPhone dan iPad. Kabar tersebut pertama kali dihembuskan oleh harian Taiwan, United Daily News.

Sebagai perusahaan perakit produk-produk Apple, kolaborasi Foxconn dengan Sharp diprediksi akan mengurangi ketergantungan Apple terhadap Samsung sebagai pemasok utama saat ini.

Di kuartal pertama 2014 saja Samsung telah mengirim 5,2 juta unit layar ukuran 9,7 inci buatannya untuk iPad Air dan iPad generasi ke-empat.

Pada Oktober lalu Apple mengalihkan pesanan pasokan komponen layar untuk iPad Mini Retina ke Samsung, sebab produsen Sharp dan LG tidak bisa memenuhi kapasitas produksi yang diminta Apple.

Kolaborasi dengan Sharp juga disebut Foxconn akan memperlancar dan mempercepat pengembangan serta adaptasi teknologi baru dalam produk-produk Apple.

Kerjasama antara Foxconn dan Sharp telah dimulai pada 2012 lalu. Saat itu, keduanya bermitra membuat teknologi LCD generasi baru. Keduanya bahkan membuat pabrik layar iPhone baru di Chengdu, Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com