Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Cantik Jadi Penyiar Televisi

Kompas.com - 25/06/2014, 18:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Penyiar berita wanita berparas cantik kerap kali menghiasi layar televisi. Kecantikan mereka kadang menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton dan kemunculannya selalu dinantikan. Namun, apa jadinya jika penyiar berita itu digantikan dengan robot?

Ya, dua robot dengan wujud menyerupai manusia (android) yang bisa menyampaikan berita tersebut saat ini sedang menjadi pusat perhatian di ajang pameran "Android: What is human?" yang diadakan di National Museum of Emerging Science di Miraikan, Tokyo, Jepang.

Kedua robot yang dipamerkan memiliki wujud wanita dewasa (disebut Otonaroid) dan anak-anak (disebut Kodomodroid). Mereka memiliki kemampuan untuk membacakan berita dan laporan cuaca.

Dikutip dari Engadget (25/6/2014), Otonaroid yang sedang dipamerkan itu juga bisa menjadi pemandu pameran di museum. Pengunjung bisa berinteraksi dengan robot melalui percakapan lisan.

Robot Otonaroid terlihat memiliki bentuk yang utuh, seperti kepala, badan, tangan dan kaki. Robot ini bahkan tangannya bisa digerakkan, matanya berkedip, menoleh, atau membungkukkan badan jika diperlukan. Sementara Kodomodroid yang terlihat masih remaja, sebagian tubuhnya tersembunyi di belakang meja.

Kodomodroid yang bisa membaca atau melaporkan berita itu mampu mengucapkan kata-kata dengan cukup akurat. Di masa depan, robot tersebut akan bisa menyampaikan berita dalam berbagai bahasa dengan suara yang berbeda-beda.

Kodomodroid diproyeksikan akan memiliki acara televisi sendiri. Ia juga akan dibuat agar bisa melaporkan ulasan-ulasan tentang makanan, walau sebenarnya robot itu tidak makan.

Pameran robot android tersebut diadakan selain untuk menampilkan terobosan teknologi robot, juga untuk membahas sejauh apa robot android itu bisa dikembangkan, dan apakah manusia benar-benar membutuhkan jasa mereka atau tidak di masa mendatang.

Video robot android yang sedang membacakan berita bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com