Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Samsung Dirampok, Gadget Jutaan Dollar Digasak

Kompas.com - 08/07/2014, 07:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Tombol fisik dan softbutton Galaxy S5 diuji daya tahannya dengan mesin yang menekan tombol-tombol tersebut berulang kali

KOMPAS.com - Garong masa kini bukan cuma menyasar toko retail, melainkan juga langsung ke tempat produksi barang di pabrik. Kejadian inilah yang dilaporkan menimpa Samsung di Sao Paulo, Brazil.

Business Insider mengabarkan bahwa sebuah kawanan perampok beranggotakan sekitar 20 orang menyatroni fasilitas Samsung tersebut dan berhasil menggasak smartphone, tablet, dan notebook senilai 36 juta dollar AS atau sekitar Rp 422,7 miliar.

Semuanya diangkut menggunakan tujuh buah truk yang disiapkan di lokasi kejadian.

Para kriminal yang disebut melengkapi diri dengan senapan mesin ini menyatroni pabrik di tengah-tengah shift malam karyawan. Mereka mencuri ID tag untuk menyamar sebagai pekerja.

Kawanan perampok kemudian masuk pabrik dan menyandera sebagian karyawan. Pegawai-pegawai lain yang tidak disandera disuruh bekerja seperti biasa selagi para garong menaikkan hasil jarahan ke truk. Total selama tiga jam kawanan perampok melakukan aksinya.

“Kami sangat prihatin dengan insiden ini,” tulis Samsung dalam sebuah pernyataan. “Untungnya tak seorangpun yang terluka.”

Samsung menyatakan sedang bekerjasama dengan polisi dalam penyelidikan kasus tersebut. Diduga ada pelaku yang berasal dari orang dalam karena para perampok bisa mendapatkan akses dengan mudah, di samping mengenal tata ruangan pabrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com