Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah "Start Menu" Windows 9?

Kompas.com - 15/07/2014, 13:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber VR-Zone
Bocoran tampilan menu Start Windows 9

KOMPAS.com — Sempat absen dari Windows 8, menu Start akhirnya bakal "dikembalikan" oleh Microsoft pada update Windows 8.1 mendatang.

Pada sistem operasi versi berikutnya pun, yang kabarnya bakal bernama Windows 9, elemen ikonik Windows ini sepertinya bakal kembali menyapa pengguna.

Hal itu terlihat dari bocoran sebuah gambar screenshot Windows 9 yang dilansir oleh VR-Zone. Di dalamnya tampak rupa menu Start yang bakal hadir dalam OS desktop generasi selanjutnya dari Microsoft tersebut.

Screenshot ini disebut berasal dari Windows 9 versi Build 6.4.9788. Penampilan menu Start terlihat tak jauh berbeda dari milik Windows 8.1, yang ditunjukkan Microsoft pada konferensi Build pada awal April laliu.

Menu yang dimunculkan dengan menekan tombol "Start" di pojok kiri bawah layar tersebut penuh dengan sejumlah tile bergaya tampilan flat ala interface Metro.

Di samping itu, tertera tulisan "Windows 8.1 Pro" di area desktop sehingga menu Start ini mungkin berasal dari Windows 8.1, bukan Windows 9.

Namun, seorang sumber mengatakan bahwa brand "Windows 8.1" memang masih digunakan oleh Microsoft untuk mengacu pada Build Windows 9 versi awal.

Apabila screenshot ini ternyata memang benar berasal dari Windows 9, boleh jadi kemiripan menu Start sistem operasi tersebut dengan milik Windows 8.1 mengindikasikan bahwa Windows 9 hanya mengusung sejumlah perubahan kecil dibanding pendahulunya, mirip dengan Windows 98 SE dan Windows ME pada akhir 1990-an dulu.

Yang jelas, hingga saat ini menu Start tradisional masih belum hadir di sistem operasi Windows 8.1 yang beredar di publik. Menurut kabar terbaru, menu Start baru akan mulai dikembalikan dalam update Windows 8.1 pada 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber VR-Zone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com