Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manuel Noriega Menuntut "Call of Duty"

Kompas.com - 20/07/2014, 21:08 WIB
KOMPAS.com - Manuel Noriega, mantan diktator Panama, mengajukan tuntutan terhadap Activision, penerbit game video "Call of Duty."

Bekas penguasa militer itu berusaha mendapatkan penggantian atas hilangnya keuntungan dan juga kerugian setelah adanya tokoh game yang didasarkan pada diri Noriega dalam "Call of Duty Black Ops II."

Noriega yang kini berusia 80 tahun sedang menjalani hukuman penjara di Panama karena kejahatan yang dilakukannya pada saat dia berkuasa, termasuk pembunuhan terhadap para pengkritiknya.

Seorang pengacara mengatakan ini merupakan salah satu kasus dalam kecenderungan yang makin meningkat untuk melakukan penuntutan.

"Di Amerika Serikat, para individu memiliki apa yang disebut hak terhadap publisitas, yang memberikan kendali bagaimana mereka digambarkan dalam iklan termasuk dalam game video," kata Jas Purewal, seorang pengacara di bidang hiburan interaktif.

Ia mengatakan penuntutan semacam ini bisa diajukan di Amerika.

"Namun Noriega bukanlah warga AS dan juga bukan penduduk AS. Ini artinya, tuntutan hukumnya dapat dipertanyakan, sebab tidak jelas dengan dasar hukum apa dia melakukan tuntutan terhadap Activision," kata Purewal.

Dalam game video yang diterbitkan Activision, Noriega digambarkan mula-mula membantu CIA menangkap teroris Nikaragua, tetapi kemudian melawan Amerika dan dia sendiri kemudian diburu. (BBC Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com