Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Selfie" Pertama di Luar Angkasa

Kompas.com - 21/07/2014, 14:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Gizmodo
KOMPAS.com — Akhir pekan lalu bukan hanya diperingati sebagai hari pendaratan manusia pertama kali di bulan, melainkan juga hari foto selfie pertama diambil di luar angkasa.

Memperingati 45 tahun misi pendaratan di bulan yang dilakukan oleh Apollo 11 pada 19 Juli 1966, salah satu astronotnya, Buzz Aldrin, memublikasikan foto selfie-nya. Foto tersebut menjadi foto selfie pertama di luar angkasa dalam sejarah umat manusia.

Melalui akun Twitter resminya, Buzz Aldrin (@TheRealBuzz), Aldrin menuliskan, "Tahukah Anda saya membuat foto selfie pertama di luar angkasa saat misi Gemini 12 tahun 1966?"

Kicauan Aldrin tersebut diakhiri dengan tulisan "BEST SELFIE EVER" lengkap dengan tautan yang menunjukkan foto selfie-nya di luar angkasa dengan latar bumi.

Twitter Foto Selfie Buzz Aldrin di luar angkasa saat menjalani misi Gemini 12, November 1966.

Gizmodo menulis pada Minggu (20/7/2014), foto yang dimaksud Aldrin adalah foto saat dirinya menjalankan misi Gemini 12 pada November 1966 silam.

Saat itu, Aldrin diminta untuk memotret sinar ultaviolet yang dipancarkan bintang dengan kamera yang dipasang di luar kendaraan luar angkasanya.

Foto tersebut sebenarnya harus dilakukan saat gelap. Namun, saat matahari mulai muncul, Aldrin kemudian berpose memotret dirinya sendiri dengan latar belakang bumi.

Menurut Gizmodo, selfie tersebut akan sulit untuk disaingi dalam waktu dekat. Berikut tautan video Aldrin yang menceritakan tentang proses pengambilan selfie-nya di luar angkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com