Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Diperkuat, Operator Seluler Siap Sambut Lebaran

Kompas.com - 27/07/2014, 08:42 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi menyatakan kesiapannya menyambut Hari Raya Lebaran tahun 2014 yang juga diiringi ramainya aktivitas mudik, dengan memperkuat kapasitas serta kualitas jaringan untuk melayani lonjakan trafik telepon, SMS, maupun internet.

Operator menyadari bahwa pada momentum Lebaran seperti ini banyak pelanggan yang menggunakan jasa mereka untuk berkirim pesan.

Operator Indosat, misalnya, telah menyiapkan kapasitas untuk layanan telepon sebesar 1,08 miliar menit percakapan per hari atau 18 juta Erlang per hari. Untuk kapasitas layanan SMS disiapkan 1,45 milyar SMS per hari dan untuk kapasitas layanan data disiapkan 335 Tera Byte per hari.

Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, memperkirakan kenaikan trafik tertinggi akan terjadi pada layanan internet lantaran banyak pengguna memanfaatkan media sosial dan pesan instan untuk berkomunikasi.

"Kami menyadari bahwa inti silaturahim dalam merayakan Lebaran adalah terjalinnya komunikasi yang baik dan lancar, dan dukungan telekomunikasi yang lancar akan membuat silaturahmi pelanggan kami semakin bermakna,” ucap Adrian.

Hal serupa juga dilakukan Telkomsel, yang memprediksi momentum Lebaran tahun ini akan mengalami lonjakan trafik dibandingkan trafik normal, yaitu layanan telepon sebesar 2 persen, SMS 14 persen, dan internet 30 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, pihaknya mengidentifikasi 762 lokasi yang bakal ramai dikunjungi oleh warga, di mana tempat tersebut juga akan mengalami lonjakan trafik internet cukup signifikan. Lokasi tersebut antara lain seperti bandara, stasiun kereta, tempat ibadah, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan.

Untuk mengantisipasi hal itu, lanjut Adita, perusahaan telah menyiapkan 54 BTS bergerak untuk menambahkan 672 BTS bergerak yang sudah ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com