Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Kuasai 85 Persen Pasar Ponsel Pintar

Kompas.com - 01/08/2014, 13:15 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi Android yang dikembangkan Google memperkuat dominasinya dalam pasar global platform ponsel pintar, jauh mengalahkan para pesaingnya seperti Apple iOS, Microsoft Windows Phone, dan BlackBerry.
 
Menurut laporan lembaga riset pasar Strategy Analytics, pengiriman perangkat ponsel pintar pada kuartal kedua 2014 mencapai 295,2 juta unit.
 
Dari jumlah tersebut, pengiriman ponsel berbasis Android berjumlah 249,6 juta unit atau menguasai 84,6 persen pasar ponsel pintar global.

Menurut Strategy Analytics, pada kuartal kedua 2014 Android merupakan satu-satunya platform yang mengalami pertumbuhan dibandingkan kuartal yang sama tahun 2013 dari pangsa pasar 80,2 persen.

Posisi kedua ditempati oleh Apple yang mengirimkan 35,2 juta unit iPhone berbasis iOS. Ini berarti, Apple menguasai 11,9 persen pasar ponsel pintar atau turun dari 13,4 persen pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.
 
Microsoft Windows Phone dan BlackBerry berada di posisi ketiga dan empat, di mana masing-masing mengirimkan 8 juta unit dan 1,9 juta unit ponsel pintar.
 
Dibandingkan periode yang sama tahun 2013, pangsa pasar Windows Phone kuartal ini turun dari 3,8 persen menjadi 2,7 persen, begitu juga dengan BlackBerry yang menyusut dari 2,4 persen menjadi 0,6 persen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com