Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dell Buat Teknologi Pembaca Suasana Hati

Kompas.com - 06/08/2014, 13:23 WIB
Dell mengembangkan teknologi untuk membaca suasana hati untuk kantor dan bermain.

Kepala divisi penelitian dan pengembangan Dell mengatakan perusahaan bisa merilis aplikasi pembaca suasana hati tersebut paling cepat 2017.

Jai Menon mengatakan kepada BBC bahwa bagian penelitian Dell sedang bekerja membuat perangkat lunak untuk kepala yang membaca aktivitas otak secara akurat dan akan mengidentifikasi keadaan emosional pemakainya.

Dia menambahkan bahwa ia percaya teknologi tersebut memiliki kegunaan baik di kantor maupun di rumah.

Namun beberapa pengamat skeptis tentang proyek tersebut.

"Saya pikir potensi untuk hal-hal ini adalah astronomi, tapi kami sudah diberitahu teknologi ini akan selesai lima tahun lagi selama beberapa dekade," kata Dr Bernie Hogan, seorang ahli interaksi manusia-komputer dari Universitas Oxford.

Mengatasi gangguan

Di lain pihak, Menon lebih optimistis.

Dia mengatakan tim yang terdiri dari dua peneliti dan bekerja untuk membuat perangkat baru tersebut dengan NeuroSky dan beberapa produsen lain - yang akan dihargai antara £ 60 sampai £ 120 (Rp118.000 - 236.000,-) untuk melihat apakah dapat digunakan untuk memberikan indikasi yang tepat bila pemakainya merasa senang, sedih, bosan atau frustrasi.

"Jika saya bisa merasa pengguna bekerja keras pada suatu tugas, sebuah sistem komputer intuitif mungkin akan mengurangi gangguan, seperti memungkinkan panggilan telepon masuk langsung ke voicemail dan tidak membiarkan pengguna terganggu," saran Menon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com