Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Superhero Asli Indonesia Hadapi Era Digital

Kompas.com - 08/08/2014, 10:10 WIB

Menyambut Hari Kemerdekaan, selama 17 hari di bulan Agustus, KompasTekno bekerja sama dengan Ziliun akan menampilkan infografis terkait teknologi dan Indonesia.

KOMPAS.com - Di tahun 90-an, layar kaca Indonesia ramai menayangkan tokoh-tokoh superhero yang jadi idola anak-anak Indonesia pada masa itu. Pasti masih ingat sama Satria Baja Hitam, Ultraman, Power Rangers, dan tokoh superhero cewek kayak Sailor Moon kan?

Indonesia pun ikutan unjuk gigi dengan memunculkan tokoh-tokoh superhero kayak Saras 008, juga Panji Manusia Milllenium. Semuanya nggak kalah nge-hits sama tokoh superhero buatan negara tetangga dan pupuler di kalangan dunia perfilman anak Indonesia.

Namun sayangnya, belakangan ini image superhero yang melekat pada anak-anak Indonesia justru identik dengan tokoh-tokoh Marvel kayak Superman, Batman, Spiderman, dan tokoh fiksi lain berakhiran -man lainnya.

Padahal sejak tahun 1950-an, para komikus Indonesia sudah membuat karakter superhero asli Indonesia seperti 17 superhero berikut ini.

Ziliun Infografis
Salah satu yang paling terkenal adalah Gundala, superhero berkekuatan petir yang diciptakan pada tahun 1969 oleh Hasmi. Sayangnya, karakter ini seakan tenggelam dan terlupakan serta tidak lagi diperhatikan. Sementara negara lain seperti Jepang dan Malaysia sudah menyadari pentingnya intellectual property atau kekayaan intelektual sebagai salah satu aset bangsa.

Ada beberapa upaya dari pemerhati dan pegiat di bidang komik, animasi, dan film Indonesia untuk mendukung para superhero lokal ini. Siapa mereka dan apa yang mereka lakukan?

Selengkapnya: http://ziliun.com/id/articles/ziliun17-superhero-asli-indonesia

#Ziliun17 adalah 17 rangkaian infografik atau data dalam bentuk visual seputar teknologi dan Indonesia. #Ziliun17 dipersembahkan untuk menyambut HUT Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus, yang dibuat oleh Ziliun.com, sebuah blog yang bertujuan merombak pola pikir anak muda untuk Indonesia lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com