Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Bulan, Sepuluh Juta PS4 Terjual

Kompas.com - 15/08/2014, 15:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Varian PlayStation 4 berwarna putih

KOMPAS.com - Konsol game PlayStation 4 (PS4) dari Sony pertama kali masuk ke pasaran pada November tahun lalu. Kini, hanya berselang sepuluh bulan setelahnya, PS4 telah membukukan penjualan sebanyak 10 juta unit.

“Itu merupakan angka 10 juta PS4 yang terjual ke konsumen,” ujar CEO dan Presiden Sony Computer Entertainment Europe, Jim Ryan, yang dikutip oleh ArsTechnica.

Sebagai perbandingan, konsol game Sony sebelumnya, PlayStation 3, membutuhkan waktu lebih dari 13 bulan untuk mencapai angka penjualan 10,5 juta init.

Angka tersebut kembali mendudukkan PS4 di depan rival beratnya, Xbox One dari Microsoft, yang terakhir mencatat angka pengkapalan sebanyak 5 juta unit pada April lalu. Saat itu, Sony sudah berhasil menjual sebanyak 7 juta unit PS4.

PS4 dan Xbox One memang menandai era baru konsol game next-gen. Keduanya meluncur ke pasar dalam waktu berbarengan menjelang akhir 2013. PS4 selalu mencatat penjualan lebih baik.

Salah satu faktor yang menjadi daya tarik PS4 adalah harganya yang dipatok lebih murah sebesar 100 dollar AS dibanding Xbox One sehingga memaksa Microsoft untuk memangkas harga jual konsol game miliknya pada pertengahan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com