Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Android Lokal Sambut Kemerdekaan RI

Kompas.com - 17/08/2014, 08:04 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, pengguna smartphone Android bisa memupuk semangat nasionalisme mereka melalui berbagai aplikasi lokal yang bertemakan HUT Kemerdekaan RI.

Banyak aplikasi-aplikasi Android buatan developer lokal yang mengusung tema tersebut. Versinya pun bermacam-macam, ada game, sejarah, bahkan hingga pantun kemerdekaan. Menarik, bukan?

Berikut beberapa aplikasi Android lokal bertema HUT Kemerdekaan RI yang dihimpun oleh KompasTekno.

Indonesia Merdeka
Aplikasi ini merupakan aplikasi game sederhana yang dikembangkan oleh Darius Halim. Di dalamnya, terdapat bermacam jenis permainan yang sering dilombakan saat menjelang 17 Agustus, seperti balap karung, balap kelereng, tarik tambang, mengambil koin dengan mulut, atau memasukkan pensil ke dalam botol.

Jika dahulu perlombaan-perlombaan tersebut sering dimainkan di lapangan, kini pengguna Android bisa memainkannya di perangkat masing-masing.

Unduh aplikasi Indonesia Merdeka melalui tautan berikut ini.

Guess the Indonesian Hero
Bangsa yang besar adalah yang tidak melupakan jasa para pahlawannya. Aplikasi Guess the Indonesian Hero ini bisa membantu mengingatkan pengguna smartphone Android atas jasa-jasa para pahlawan pendiri bangsa, dengan menebak wajahnya.

Aplikasi yang dibuat oleh Edi Katekan ini selain menantang ingatan kita, juga menyajikan informasi yang berguna. Pasalnya, jika kita berhasil menebak nama foto pahlawan yang ditampilkan, link menuju halaman Wikipedia yang membahas tentang pahlawan tersebut juga akan ditampilkan.

Unduh aplikasi Guess the Indonesian Hero melalui tautan berikut ini.

Aplikasi serupa yang juga terdapat di Play Store adalah Tebak Nama Pahlawan

Battle to Merdeka
Game Battle to Merdeka yang dikembangkan oleh Ambigem merupakan game puzzle yang tujuannya adalah untuk mengambil alih barak musuh. Dalam game ini, diceritakan para pejuang Indonesia yang harus merebut barak musuhnya, Belanda.

Unduh aplikasi Battle to Merdeka melalui tautan berikut ini.


Pantun Ucapan Kemerdekaan RI

"Putar-putar tiang menara, dilihat dai Prabumulih,
Kibar-kibarlah ini bendera, Bendera Sangsaka Merah Putih.."

Pantun, yang merupakan ciri khas budaya Melayu, juga bisa digunakan untuk mengekspresikan semangat nasionalisme, seperti yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini.

Aplikasi Pantun Kemerdekaan RI buatan pengembang Rejeki Melimpah memiliki 39 koleksi pantun ucapan HUT Kemerdekaan RI. Sebagian ada yang lucu, menarik, namun ada pula yang bisa menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

Asyiknya, pantun-pantun tersebut juga bisa dibagikan melalui jejaring media sosial, seperti Facebook dan Twitter, selain bisa dikirim melalui SMS atau BBM.

Unduh aplikasi Pantun Ucapan Kemerdekaan RI melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com