Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows Di-update, Komputer malah Mati

Kompas.com - 20/08/2014, 08:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World
Ilustrasi BSOD Windows 8

KOMPAS.com - Pada 2 Agustus lalu, Microsoft  menggulirkan update untuk menangani persoalan sekuriti dan fitur pada sistem operasi Windwos 7, 8, dan Windows 8.1. Tak lama kemudian, keluhan mulai bermunculan. Pengguna mengatakan bahwa komputer miliknya mengalami crash setelah memasang update tersebut.

Hal ini banyak dilaporkan di forum komunitas Microsoft.  Seorang pengguna, misalnya, mengeluhkan update bernomer KB2982791 tersebut membuat PC crash dengan tampilan Blue Screen of Death (BSOD) pada saat booting, lalu kembali mengalami hal yang sama ketika berusaha masuk safe mode.

Pihak Microsoft telah menyadari adanya masalah pada update Windows dan mengimbau pengguna agar jangan memasangnya.

"Microsoft merekomendasikan agar pengguna melakukan uninstall update. Untuk berjaga-jaga, tautan download KB2982791 sudah dihapus," tulis Microsoft dalam buletin sekuriti yang dikutip oleh PC World.

Dalam tulisan di buletin itu, Microsoft turut menjelaskan bagaimana menghapus update untuk mereka yang sudah terlanjur memasangnya, namun caranya agak rumit dan melibatkan penyuntingan pada registry Windows.

Apa yang menyebabkan komputer menjadi crash dalam kasus ini? Rupanya, update tersebut menyebabkan cache font Windows tidak bisa di-load ketika proses booting, sehingga mengunci sistem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com