Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Android Octa-core "64-bit" Pertama?

Kompas.com - 21/08/2014, 15:52 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - HTC berkesempatan menjadi vendor Android pertama yang memperkenalkan smartphone dengan prosesor octa-core dengan komputasi 64-bit. Ada dua indikasi yang memperkuat dugaan tersebut.

Indikasi pertama adalah pengumuman yang dibuat Qualcomm yang mengatakan bahwa prosesor Snapdragon 615 yang telah dirancang sejak Februari tahun ini bakal segera tersedia.

Dalam roadmap-nya, Qualcomm memang menargetkan prosesor Snapdragon 615 (MSM8939) akan dirilis di semester kedua tahun ini bersamaan dengan Snapdragon 610 (MSM8936).

Situs Android Authority pada Rabu (20/8/2014) mengatakan Qualcomm kemungkinan besar akan memperkenalkan prosesor barunya itu di ajang IFA di Berlin, Jerman bulan depan (awal September).

Setelah pengumuman Qualcomm beredar, muncul rumor yang menyebut bahwa smartphone pertama yang akan dilengkapi dengan chip baru itu adalah HTC Desire yang juga akan dipamerkan di ajang IFA.

Dugaan itu diperkuat dengan kalimat yang ditulis oleh HTC dalam undangannya untuk para jurnalis. Dalam undangan itu, HTC menulis "See what's next for smartphones at HTC's IFA breakfast.

Bisa jadi kalimat "what's next for smartphone" yang dimaksud HTC adalah perangkat 64-bit buatan HTC. Atau bisa juga salah. Ini sekaligus menjadi dasar indikasi kedua bagi HTC.

Benar atau tidaknya rumor ini akan terjawab sekitar dua minggu lagi saat gelaran IFA di Berlin, Jerman berlangsung.

Sementara dua minggu lalu, HTC juga disebut akun Twitter pembocor @upleaks  telah memiliki smartphone HTC Desire dengan kemampuan 64-bit yang disebut dengan nama HTC A11.

Menurut @upleaks, HTC A11 itu memiliki fitur layar 4,5 inci resolusi 480 x 954, yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 410 yang merupakan prosesor quad core SoC (Single on Chip).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com