Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4G Smartfren Bidik Video dan TV Online?

Kompas.com - 25/08/2014, 20:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Seiring dengan perpindahan ke frekuensi 2,3 GHz. Operator seluler Smartfren sudah menargetkan akan menggelar layanan 4G LTE selambat-lambatnya hingga akhir 2016 nanti.

Dengan menyediakan jaringan koneksi yang lebih cepat, segmen apa yang akan disasar Smartfren?

"Pada dasarnya layanan LTE itu berusaha memberikan layanan kecepatan tinggi dengan latensi yang kecil, ini menjadi tuntutan semua pengguna," Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan.

Namun menurutnya, di masa mendatang masih ada industri yang akan sangat begantung pada layanan 4G LTE, seperti industri televisi dan video.

"Ke depannya, aplikasi data akan lebih banyak ke arah video, karena itulah yang membutuhkan bandwidth besar," ujarnya saat dijumpai di acara peluncuran Smartfren Andromax G2 Qwerty di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Dituturkan oleh Merza, bandwidth yang ada saat ini memang sudah mencukupi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis video.

Namun, lanjutnya, masih ada aplikasi-aplikasi video yang belum bisa dijalankan saat ini karena membutuhkan kecepatan dan bandwidth yang lebih besar. Aplikasi video itu baru bisa dijalankan di masa mendatang.  

"Nah, kebutuhan itu dijawab dengan 4G," demikian jelas Merza.

Lalu, apakah ke depannya layanan 4G LTE Smartfren akan mengincar industri video dan televisi online? Merza tidak mau menjelaskan lebih lanjut lagi.

Namun, di kesempatan yang sama, Head of smartphone Smartfren, Sukaca Purwokardjono mengatakan bahwa layanan 4G LTE Smartfren pada dasarnya ditujukan untuk semua segmen yang membutuhkan internet cepat, tidak spesifik industri tertentu saja.

"Kalau 4G tentunya kita akan bidik semua segmen, karena 4G adalah benefit semua konsumen," kata Sukaca. "Untuk enterprise juga pasti kita garap," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com