Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android atau Windows Phone, Huawei Sudah Yakin

Kompas.com - 26/08/2014, 12:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Petinggi Huawei secara terang-terangan mengatakan bahwa vendor Tiongkok itu akan terjun sepenuhnya di pasar Android, serta menunda produksi smartphone Windows Phone.

Dikutip dari Android Authority, Selasa (26/8/2014), Direktur Huawei dan CEO Consumer BG, Richard Yu mengatakan bahwa di masa depan semua perangkat smartphone yang diluncurkan Huawei akan menggunakan OS Android.

Walau pasar Windows Phone nampak memiliki potensi, namun Huawei telah merugi selama dua tahun dalam memasarkan platform tersebut. Karena itu, Huawei mengambil langkah untuk menunda produksi smartphone Windows Phone baru.

"Kami telah mencoba menggunakan OS Windows Phone, namun ternyata sulit untuk mengajak konsumen membeli smartphone Windows ini," ujar Yu.

Selain Windows Phone, Huawei juga tergabung dalam konsorsium Tizen yang digadang-gadang oleh Samsung untuk menyaingi Android.

Namun, Huawei nampaknya pesimis akan kemampuan Samsung untuk membawa OS mobile tersebut mencapai kesuksesan.

"Dulu kami memiliki tim riset untuk mengembangkan Tizen, namun saya membubarkannya karena rasanya Tizen tidak akan sukses," kata Yu.

Bagi Huawei, rasanya memang lebih masuk akal untuk bertaruh pada Android, meskipun ternyata Windows Phone dan Tizen akan sukses di masa mendatang, karena keduanya belum bisa mendatangkan uang.

Berbeda dengan HTC yang telah meluncurkan HTC One M8 versi Windows Phone. Vendor Taiwan itu memiliki risiko lebih kecil untuk bertaruh di platform Windows Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com