Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Lebih Rakus Baterai Dibanding Windows Phone

Kompas.com - 28/08/2014, 09:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Platform Windows Phone selama ini dijauhi pengguna smartphone sebab dianggap masih memiliki jumlah aplikasi yang terbatas dibanding platform Android.

Namun nampaknya, ada satu faktor penting yang bisa membuat platform Windows Phone lebih unggul dibanding Android, yaitu daya tahan baterai.

Situs Slash Gear pada Rabu (20/8/2014) mempublikasikan hasil pengujian baterai dua smartphone HTC M8, satu menjalankan OS Android, dan satu lagi adalah M8 versi Windows Phone.

Dalam pengujian tersebut, walau keduanya memiliki spesifikasi hardware yang sama, namun ternyata HTC One M8 dengan platform Windows Phone memiliki umur baterai yang lebih lama.

Pengujian dilakukan dengan membiarkan kedua smartphone dalam kondisi siaga (standby) selama 27 jam. Dan ternyata, HTC One M8 versi Windows Phone memiliki sisa daya baterai 81 persen, sementara versi Androidnya hanya tersisa 68 persen.

HTC sendiri mengklaim bahwa baterai M8 versi Android hanya memberikan waktu penggunaan selama 12 jam, sementara versi Windows Phone-nya hingga 21 jam penggunaan.

Faktor daya tahan baterai menjadi salah satu pilihan utama mengapa konsumen memilih suatu smartphone. Lembaga riset IDC telah melakukan survey tentang hal tersebut sebelumnya.

Dalam survey itu, ternyata 56 persen pengguna Android, 49 persen pengguna iPhone, dan 53 persen pengguna Windows Phone memilih daya tahan baterai sebagai alasan utama mereka memilih perangkatnya.

Jika Microsoft dan HTC bisa bekerja sama lebih erat lagi, mungkin saja keduanya bisa menarik lebih banyak minat orang menggunakan platform Windows Phone, dengan membuat smartphone dengan umur baterai yang lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slash Gear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com