Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 9 Tanggalkan Kotak-kotak di PC

Kompas.com - 28/08/2014, 14:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi Windows 9 yang rencananya akan diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh Microsoft pada bulan depan kabarnya akan memiliki dua versi antarmuka, Metro UI dan desktop tradisional.

Antarmuka (interface) yang akan dijumpai pengguna tergantung pada perangkat yang mereka gunakan.

Jika menggunakan tablet, antarmuka Metro "kotak-kotak" layaknya Windows 8 akan digunakan.

Sementara jika Windows 9 berjalan di PC desktop/laptop, Microsoft akan membuatnya memiliki tampilan desktop standar yang sudah familiar - seperti di Windows 7.

Tentu saja, dengan menggunakan antarmuka desktop standar, pengguna PC bisa menggunakan keyboard dan mouse dengan lebih mudah.

Menurut Trusted Review (27/8/2014), antarmuka layar sentuh Metro UI didesain untuk menghadirkan pengalaman layar sentuh, sehingga lebih cocok bagi pengguna tablet.

Sementara untuk laptop dengan dukungan layar sentuh, nampaknya akan ada pilihan bagi pengguna untuk menggunakan Metro Start Screen alih-alih tombol Start Menu yang baru.

Perangkat hybrid itu dirasa lebih cocok mempertahankan struktur menu yang sudah dimiliki saat ini, sebab sistem operasi Windows 8.1 yang digunakan memiliki kombinasi pengoperasian layar sentuh dengan keyboard dan mouse.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com