Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah "Blusukan Online" ala Onno W Purbo

Kompas.com - 29/08/2014, 16:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Onno W. Purbo (paling kanan) sedang menjelaskan cara mengoperasikan OpenBTS kepada pengunjung Internet Governance Forum (IGF) 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa (22/10/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering disebut sebagai calon Menteri Komunikasi dan Informatika di kabinet mendatang, pakar IT Onno W. Purbo ternyata banyak memiliki ide terkait pemanfaatan internet dalam menjalankan agenda yang berkaitan dengan teknologi.

Salah satunya adalah pemantauan isu yang berkembang di masyarakat melalui pemakaian web crawler alias software bot yang menelusuri internet untuk mencari kata kunci tertentu. Hasil pencarian kemudian diindeks secara otomatis sehingga tren yang sedang mengemuka dapat dengan cepat terlihat.

"Jadi misalnya kalau memantau Twitter, bisa kelihatan isu apa yang sedang banyak dibicarakan," jelas Onno ketika ditemui usai acara peresmian Onno Center di Jakarta, Kamis (28/8/2014)."

Pemanfaatan web crawler ini disebut Onno mirip dengan kegiatan "blusukan", hanya saja bisa dilakukan tanpa perlu benar-benar hadir secara fisik. "Kan, blusukannya Jokowi dan lain-lain itu tujuannya untuk mendapat masukan dari masyarakat. Nah, di internet ini lebih gampang karena kita bisa dengan cepat melihat opini orang," katanya.

Onno mencontohkan kemungkinan memakai web crawler untuk melihat respon publik terhadap suatu kebijakan pemerintah secara real time. Begitu kebijakan diresmikan, saat itu juga web crawler bisa langsung menggali apa opini yang berkembang terhadap kebijakan yang bersangkutan, apakah didukung atau ditentang.

Metode macam ini, menurut Onno, sebenarnya sudah lumrah diterapkan di seluruh dunia. Hanya saja, tujuannya berbeda karena biasanya untuk keperluan pemasaran lewat media sosial. Dia sendiri mengaku sudah mulai melakukan "crawling" secara manual, memakai aplikasi Hootsuite.

"Tapi idealnya ya sistem otomatis yang ada statistiknya, agar kelihatan seperti apa urgensi dari sebuah isu. Kalau bisa begitu, kan jadi enak kalau kita mau beri masukan ke pemerintah tentang apa yang dibutuhkan masyarakat," pungkas Onno. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com