Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Hollywood Disarankan Tinggalkan iCloud

Kompas.com - 03/09/2014, 07:05 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang pengacara selebriti terkemuka menyarankan para kliennya untuk tidak menggunakan telepon pintar dan iCloud. Saran ini disampaikan setelah foto-foto mesra aktris pemenang Oscar Jennifer Lawrence beredar di dunia maya menyusul dugaan aksi peretasan.

Martin Garbus, pengacara sidang di New York yang selama bertahun-tahun mewakili aktor beken seperti Al Pacino, Sean Connery, dan Robert Redford, Selasa (2/9/2014) menyatakan khawatir para kliennya rawan berhadapan dengan masalah keamanan.

"Tidak ada yang aman di internet, saat ini," kata Garbus. "Segala sesuatu di iPhone Anda, apakah itu panggilan telepon, teks pesan, gambar, semua bisa (diretas)."

Menurut Garbus, klien-kliennya mulai menghubungi dirinya, begitu foto mesra Lawrence mulai beredar di dunia maya, bersamaan dengan beredarnya foto-foto selebritis lain, Minggu (31/8/2014).

Apple Inc, menyatakan sedang menyelidiki laporan bahwa iCloud yang merupakan fasilitas penyimpanan data secara online diduga telah diretas.

Perwakilan Lawrence menyebut peredaran foto-foto Lawrence tersebut sebagai pelanggaran privasi yang kasat mata dan sudah melaporkannya ke pemerintah.

Juru bicara FBI mengatakan lembaga tersebut sudah mulai menangani kasus peretasan itu. Adapun Garbus menyatakan tak terkejut dengan isu peretasan karena menurut dia praktik serupa sudah banyak terjadi pada masa lalu. "Ada begitu banyak cara privasi seseorang dilanggar."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com