Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hard Disk" WD Red Dijual Mulai Rp 2 Juta

Kompas.com - 04/09/2014, 16:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen Tanah Air yang berminat membeli hard disk untuk aplikasi Network Attached Storage (NAS) kini memiliki pilihan lebih banyak dengan diperluasnya lini produk WD Red besutan Western Digital.

Pabrikan storage asal AS tersebut mengumumkan penambahan model WD Red yang kini mencakup varian dengan kapasitas 5TB dan 6 TB, setelah sebelumnya menyediakan model berkapasitas 1 hingga 4 TB.

Di samping itu, Western Digital turut menyediakan hard disk WD Red Pro yang ditujukan untuk bisnis menengah-besar dengan pilihan kapasitas 2 TB dan 4 TB.

Dibanding hard disk lain pada umumnya seperti seri WD Black atau WD Blue, lini produk WD Red menawarkan kelebihan berupa optimalisasi hardware dan software untuk digunakan di lingkungan NAS.

"WD Red, misalnya, dirancang agar lebih dingin dan menghasilkan lebih sedikit getaran karena ditujukan untuk NAS yang biasanya menyala 24 jam sehari, 7 hari seminggu," ujar Principal Field Application Engineer Wester Digital, Mike Goh, ketika ditemui usai acara pengumuman perluasan produk WD Red di Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Goh melanjutkan bahwa pihaknya turut bermitra dengan para penyedia pabrikan NAS seperti Qnap, Synology, dan Thecus dalam merancang lini produk baru WD Red dan WD Red Pro untuk menjamin kompatibilitas dengan perangkat-perangkat NAS yang beredar di pasaran. "Daftar kompatibilitas selengkapnya bisa dilihat di website kami," imbuh dia.

Di pasaran, WD Red 5 TB dan 6 TB masing-masing dibanderol seharga 261 dollar AS (sekitar Rp 3 juta) dan 314 dollar AS (sekitar Rp 3,7 juta), sementara WD Red Pro dihargai 167 dollar AS (sekitar Rp 2 juta) untuk versi 2 TB dan 272 dollar AS (sekitar Rp 3,2 juta) untuk versi 4 TB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com