Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Perkenalkan Jam Tangan Pintar Apple Watch

Kompas.com - 10/09/2014, 01:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Bersama dengan kemunculan duet iPhone 6, Apple turut memperkenalkan sebuah "kategori produk baru", yakni wearable device berbentuk jam tangan pintar.

Namanya hanya satu kata, yakni "Watch", yang berarti jam tangan, tanpa embel-embel "i". Perangkat ini memiliki bagian muka berbentuk persegi dengan sudut-sudut membulat.

"Apple Watch merupakan perangkat paling personal yang pernah kami buat," ujar CEO Apple Tim Cook ketika berbicara dalam acara di Cupertino, AS, Selasa (9/9/2014) waktu setempat.

Apple Watch akan tersedia dalam dua ukuran utama. Namun, ukuran ini bisa divariasikan dengan berbagai jenis casing dan sabuk, mulai dari sabuk bahan logam hingga karet. Ada pula varian lebih mewah yang berlapis emas 18 karat.

Perangkat ini memiliki sebuah sekrup serupa jam tradisional di sisi kanannya. Sekrup yang dipanggil "digital crown" ini digunakan untuk keperluan navigasi, misalnya diputar untuk melakukan zoom in dan zoom out pada aplikasi peta, atau ditekan untuk kembali ke layar home.

Pengguna juga bisa menyentuhkan jari, misalnya untuk melakukan swiping antarmuka, di bagian muka Apple Watch yang merupakan layar sentuh.

Di sisi belakang Apple Watch, terdapat aneka sensor yang mengumpulkan berbagai data dari tubuh pengguna. Jam tangan pintar ini antara lain memang ditujukan sebagai alat monitoring fitness, seperti perangkat lain sejenisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com