Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2014, 08:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
Ilustrasi kamera pada iPhone 6

KOMPAS.com - Duet smartphone terbaru Apple, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kembali mengusung resolusi kamera 8 megapixel. Angka tersebut tak berubah semenjak iPhone 4 S diperkenalkan tahun 2011 lalu.

Namun, di samping resolusi yang terlihat sama selama bertahun-tahun itu, Apple sebenarnya telah menerapkan sejumlah peningkatan untuk kamera yang digunakan kedua iPhone. Berikut ini rincian singkatnya, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Lebih kencang

Kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mempertahankan lensa f/2.2 dan ukuran pixel sensor 1,5 micron yang sama dengan kamera pada iPhone 5S. Tapi sensor “iSight” ini disebutkan merupakan jenis baru yang dibekali teknologi AF bernama “focus pixel”.

Focus pixel sebenarnya adalah teknik fokus on-sensor phase detection seperti yang umum diterapkan pada kamera mirrorless dan beberapa smartphone flagship masa kini dari produsen lain, misalnya Samsung Galaxy S5.

The Verge
Focus pixel pada kamera iPhone 6 mendeteksi jarak obyek dan mengkalkulasikan apakah lensa harus bergerak mendekat atau menjauh untuk melakukan fokus

Teknologi ini memungkinkan kamera mengetahui jarak obyek dan ke mana harus menggerakkan lensa untuk melakukan fokus. Alhasil, kecepatan fokus kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diklaim dua kali lebih kencang dibanding andalan sebelumnya, iPhone 5S.

Focus pixel juga memungkinkan kedua iPhone melakukan continuous AF, alias mengikuti pergerakan obyek sambil terus mempertahankan fokus.

Lebih stabil

iPhone 6 dibekali digital image stabilization, sedangkan teknologi “anti goyang” pada iPhone 6 Plus lebih canggih karena menerapkan mekanisme penstabil gambar langsung pada rangkaian lensa (optical image stabilization/ OIS).

The Verge
Ilustrasi mekanisme OIS pada lensa kamera iPhone 6 Plus

Teknologi ini sebenarnya bukan barang baru karena telah dipakai oleh sejumlah pabrikan smartphone lain, seperti LG G3. Namun, iPhone 6 Plus merupakan ponsel pintar pertama dari Apple yang dibekali dengan OIS.

Selain dua fitur di atas, Apple juga menambahkan sejumlah kemampuan baru pada kamera milik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, seperti perekaman video 1080p 30 FPS, berikut slow-motion 240 FPS.

Kamera iPhone terbaru kini juga mempu menjepret foto High Dynamic Range (HDR) dalam satu jepretan. Fitur baru lainnya termasuk mode burst pada kamera depan untuk memudahkan selfie, panorama 43 megapixel, local tone mapping, dan advanced noise reduction.

iPhone 6 dan iPhone 6S turut memboyong flash “true-tone” dari iPhone 5S, dengan LED flash dua warna yang bisa menyeimbangkan temperatur cahaya sekitar dengan keluaran dari lampu flash.

Kualitas tangkapan gambarnya sendiri terlihat cukup meyakinkan dari sejumlah sample foto dan video di situs Apple, namun kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus masih belum teruji karena kedua perangkat tersebut memang belum tersedia secara meluas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com