Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2014, 09:12 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Fisikawan Stephen Hawking mengajak para pengembang aplikasi (developer) untuk membuat karya teknologi yang dapat mengubah dunia lebih baik.

Biasa berbicara ke publik untuk membahas topik teori fisika dan ruang angkasa, Hawking kali ini membahas bagaimana teknologi dapat menjadi "malaikat penolong" untuk para difabel.

Orang paling pintar di dunia ini berbicara di depan ratusan developer di acara Intel Developer Forum (IDF) yang berlangsung pada 9-11 September 2014.

Hawkling memang tidak secara langsung hadir di lokasi acara di San Francisco, AS. Intel CEO Brian Krzanich secara khusus menampilkan ajakan Hawking tersebut dalam sebuah rekaman video, saat memperkenalkan produk baru dan rencana masa depan Intel, Selasa (9/9/2014).

"Obat tidak bisa menyembuhkan saya. Jadi saya mengandalkan teknologi, yang bisa membuat saya berkomunikasi dengan dunia luar. Ini yang menggerakan saya. Seperti saat ini saya berbicara dengan anda," kata Hawking.

Teknologi yang disinggung Hawking adalah Galileo dan Gateway Solution yang dikembangkan oleh perusahaan pembuat mikroprosesor, Intel. Dua teknologi tersebut menjadi basis program Internet of Thing-Connected Wheelchair yang juga diprakarsai oleh Intel.

"Saya sendiri Intel Inside," kata Hawking yang duduk di kursi roda dengan logo Intel terpampang.

Hawking juga mendeskripsikan bagaimana perangkat/mesin berbasis Intel dapat meningkatkan mobilitasnya. "Seorang pengguna kursi roda saat ini dapat memonitor informasi penting soal kesehatan, kondisi kursi rodanya, dan ketersediaan akses jalan tempat yang mereka kunjungi," ujar Hawking.

Intel Galileo dan Intel Gateway Solution merupakan tools yang bisa dikembangkan oleh developer menjadi perangkat apapun yang berguna, tergantung kreativitas pengembang.

Pada penutup pembicaraannya, Hawking memberikan pesan untuk para pengembang aplikasi yang hadir di IDF 2014. "Saya menantang anda semua di sini untuk membuat sesuatu yang bisa mengubah dunia," kata Hawking. "Bersemangatlah dan jangan pernah menyerah."

Intel Kursi roda pintar buatan Intel.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com