Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2014, 14:26 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Satu tahun setelah peluncuran Galaxy Note 3, Samsung memperkenalkan Galaxy Note 4 pada pameran IFA 2014 di Berlin, Jerman, 5-10 September 2014. Tampilan fisik luar keduanya nyaris sama, tetapi Note 4 dibekali beragam fitur baru yang lebih baik. Apa saja fitur anyar tersebut?

Desain modern, layar dan kamera cemerlang, improvisasi S Pen, serta ketahanan baterai merupakan keunggulan pada Galaxy Note 4. Meski demikian, ada pula sejumlah fitur baru di luar keempat hal itu.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Sensor yang diletakkan di bawah kamera belakang Samsung Galaxy Note 4 berfungsi untuk mengukur detak jantung.

Ragam sensor

Fitur baru itu meliputi UV sensor dan pemindai sidik jari. Note 4 merupakan peranti mobile pertama yang memiliki sensor built-in yang dapat mendeteksi radiasi ultraviolet tersebut.

Sensor ini bekerja dalam sistem S Health, di mana Note 4 bisa memberikan peringatan ketika penggunanya terlalu banyak terpapar terik matahari. Ada lima level UV pada peranti tersebut untuk memberitahu kadar radiasi UV.

Adapun fingerprint scanner pada Note 4 ditanam pada tombol Home di bawah display utama. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk pengunci layar, verifikasi akun Samsung, hingga akses Pay Pal. Note 4 dapat mengenali 8 sidik jari berbeda pada fitur tersebut.

Masih ada lagi satu sensor, yang diletakkan di bawah kamera belakang. Sensor ini berguna untuk mengukur denyut jantung. Laporan tentang aktivitas organ tubuh ini dapat direkam dalam rupa grafik sehingga membantu penggunanya untuk mengevaluasi aktivitas berolahraga.

Leluasa kerja di layar lega

Dua kamera Note 4 mendapat perhatian serius dari Samsung, baik kamera depan maupun belakang. Kamera belakang dengan 16 megapixel dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS) yang dapat meredam terjadinya foto berbayang (blur).

Adapun kamera depan dengan resolusi 3,7 megapixel dilengkapi lensa wide dengan lebar diafragma f/1.9. Tangkapan fotonya pun diperluas, dari 77 derajat pada Note 3 menjadi 90 derajat pada Note 4. Itu untuk sekali jepret. Jika mengaktifkan fitur wide selfie pada kamera depan ini, maka pengguna bisa membuat foto selfie dengan latar belakang lebih lebar hingga 120 derajat.

Sebagaimana Note 3, Note 4 juga dilengkapi fitur multiwindow untuk mendukung kerja multitasking. Bedanya, Note 4 bisa menampilkan beberapa jendela aplikasi sekaligus. Note 4 bahkan dapat menampilkan aplikasi dalam jendela "melayang" (floating).

Fitur multiwindow ini merupakan pengembangan dari aplikasi Recent Apps. Fungsi drag & drop maupun window minimize/maximize seperti pada PC juga dapat dilakukan pada multiwindow.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO
Fitur multiwindow pada Samsung Galaxy Note 4 dapat menampilkan lima aplikasi sekaligus dalam satu tampilan layar.


S Pen

Penggunaan Note 4 dipermudah dengan pemakaian S Pen generasi terbaru. Menulis dan menyalin catatan, menyeleksi gambar atau foto, bahkan mengoreksi gambar perspekstif bisa dilakukan pada pena digital tersebut. Stylus ini memiliki sensivitas lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Menulis kaligrafi, membuat sketsa, hingga mengatur tebal-tipis goresan tangan menjadi lebih mudah dilakukan.

Fasilitas Smart Select pada Air Command memudahkan pengguna menyimpan beberapa seleksi tampilan layar dalam suatu waktu. Kumpulan hasil seleksi itu ditampung dalam ikon kecil yang "melayang" pada display dan isinya dapat digunakan secara berbarengan, misalnya dikirim sebagai attachment pada e-mail.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com