Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Trik Agar Karyawan Produktif

Kompas.com - 14/09/2014, 11:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pekerja saat ini punya perilaku berbeda dibandingkan di masa lalu. Kantor 'tradisional' sudah hampir mati, dan perusahaan harus beradaptasi.

Tenaga kerja sekarang butuh ruang kerja yang fleksibel dan mobile, yang memungkinkan mereka untuk bekerja kapan saja, di mana saja, dengan cara apa saja, sesuai yang mereka inginkan dan secara kolaboratif.  

Seperti disampaikan Mark Micallef, Area Vice President dari Citrix ASEAN, dalam keterangan tertulis, Minggu (14/9/2014), agar hal itu bisa terpenuhi dan karyawan bisa bekerja dan beraktivitas dengan lebih cepat dan lebih baik, perusahaan perlu menerapkan Personal Digital Advantage.

Berikut adalah lima praktik utama untuk meraih hal itu:

Pengalaman multi-perangkat yang mulus

Karyawan saat ini bisa menggunakan lebih dari satu perangkat untuk bekerja, dan perangkat itu kemungkinan besar adalah miliknya pribadi.

Perusahaan perlu mengakui hal ini dan secara aman menyampaikan layanan atau aplikasi penting perusahaan yang dibutuhkan untuk bekerja melalui perangkat tersebut, bukan mencoba untuk menggantikan perangkat tersebut.

Pengelolaan perhatian dan informasi

Begitu banyak informasi di luar sana untuk dicerna, namun semua informasi itu tak akan berguna jika tak bisa dipahami. Maka dibutuhkan peranti lunak, semisal Google Alerts atau Evernote dan lainnya.

Perusahaan perlu menyadari bahwa alat-alat tersebut meningkatkan produktivitas karyawan. Pengelolaan informasi tidak hanya penting pada level perusahaan saja, tetapi juga di level karyawan perseorangan.

Kecepatan Pembelajaran

Pekerjaan memunculkan tantangan baru bagi banyak orang yang mungkin tidak terlatih untuk menghadapinya.  Beruntung, saat ini tersedia alat pembelajaran yang tepat, seperti Code Academy atau Lynda.com.

Peranti itu memungkinkan individu untuk belajar dengan cepat di mana saja, sehingga menambah pengetahuan mereka dan meningkatkan  "Personal Digital Advantage" mereka sebagai individu dan karyawan yang berharga.

Bantuan digital secara real-time

Siri, Google Now dan Microsoft Cortana adalah bentuk-bentuk kecerdasan hyrid yang lebih jauh lagi memberikan bantuan kepada karyawan secara real-time.

Maka dengan memanfaatkan kemampuan teknologi semacam itu, perusahaan mendapatkan keuntungan dari gabungan dua kecerdasan: manusia dan komputer.

Keefektifan waktu melalui otomatisasi

Banyak karyawan yang telah menggunakan alat otomatisasi perseorangan seperti IFTTT dan Zapier, untuk mengotomatisasi tugas-tugas.

Perusahaan perlu mengidentifikasi aplikasi otomatis yang digunakan karyawan tersebut, dan mengintegrasikannya sehingga seluruh perusahaan bisa bekerja dengan lebih cerdas dan mencapai pertumbuhan yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com