Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Mulai “Caplok” Situs Nokia

Kompas.com - 22/09/2014, 07:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft diam-diam telah memulai proses transisi brand smartphone Lumia dari pemilik sebelumnya, Nokia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengalihkan situs perangkat dan layanan Nokia ke alamat Microsoft sendiri.

Situs wilayah Inggris dari Nokia.com, misalnya, menurut laporan The Register memajang tulisan yang berbunyi: “Selamat datang di rumah baru kami. Produk dan layanan Nokia telah dipindahkan ke situs baru".

Semua tautan pada laman tersebut akan membawa pengunjung ke beranda situs Microsoft Mobile Devices yang berada di bawah Microsoft.com. Di laman baru ini, logo Nokia sama sekali tidak ditemukan.

Menariknya, perubahan yang sama belum terjadi pada situs Nokia di wilayah lain, termasuk Indonesia. Belum jelas kapan Microsoft akan mengalihkan laman produk dan layanan di seluruh situs Nokia ke bawah alamatnya sendiri.

Microsoft sendiri diketahui memang berencana menghilangkan brand Nokia dari jajaran smartphone Lumia, menyusul akuisisi Microsoft atas divisi perangkat keras pabrikan ponsel legendaris asal Finlandia itu.

Brand Lumia akan tetap dipertahankan, dan nantinya mungkin bakal dipasarkan dengan nama baru “Microsoft Lumia”. Seri Lumia 830 dan Lumia 730/ 735 pun kemungkinan bakal menjadi ponsel terakhir yang mengemban nama Nokia.

Di samping itu, Microsoft juga dikabarkan bakal membuang kata “Phone” dari platform mobile Windows Phone miliknya. Sistem operasi Windows yang akan datang bakal digabungkan menjadi satu versi untuk semua ukuran layar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com