Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Ikut Jawab Teka-teki Pendaratan Pertama di Bulan

Kompas.com - 22/09/2014, 11:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Pertanyaan apakah benar manusia pernah mendarat di bulan telah menjadi bahan perdebatan sepanjang sejarah. Pabrikan kartu grafis Nvidia pun mencoba menjawab pertanyaan tersebut melalui arsitektur barunya.

Nvidia membuat simulasi pendaratan di Bulan yang dilakukan duo astronot AS, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, pada tahun 1969 untuk mendemonstrasikan kemampuan arsitektur kartu grafis Maxwell.

Banyak yang skeptis tentang pendaratan tersebut dan menganggap hal itu propaganda semata terhadap pihak Uni Soviet yang saat itu sedang terlibat dalam Perang Dingin.

Beberapa teori bahwa pendaratan pertama manusia di Bulan hanyalah rekaan didasari pada fakta bahwa foto yang dibuat memiliki sumber cahaya lebih dari satu.

Artinya, selain matahari, ada sumber cahaya lain yang dipakai untuk membuat foto tersebut.

Selain itu, gambar Buzz Aldrin yang sedang menuruni tangga kapsul pendaratan juga terlihat terlalu terang. Padahal, Aldrin seharusnya berada di bawah bayangan kapsul tersebut.

Untuk membuktikan pendaratan pada bulan itu, Nvidia menggambarkan ulang adegan tersebut dengan teknologi Unreal Engine 4. Pembuktian tersebut difokuskan pada ketepatan refleksi cahaya kapsul, permukaan bulan, dan baju astronot yang dipakai.

Dikutip dari Digital Trends, Senin (22/9/2014), arsitektur baru Maxwell yang diperkenalkan Nvidia memungkinkan mereka untuk menyimulasikan refleksi cahaya secara akurat.

Walau demikian, model yang dibuat oleh Nvidia itu masih terlihat kurang akurat, dengan foto Aldrin masih terlihat gelap. Nvidia kemudian berpendapat bahwa baju astronot yang dipakai oleh Neil Armstrong-lah yang menjadi reflektor di atas sana sehingga menerangi badan Buzz Aldrin.

Bagaimana hasil pembuktian Nvidia? Apakah pendaratan di Bulan benar terjadi atau hanya rekayasa di studio? Nvidia telah merilis sebuah video untuk menjawabnya.

Berikut video pendaratan pertama di Bulan yang digambarkan ulang oleh Nvidia:

Senior Director of Content Development Nvidia Mark Daly mengatakan, sulit untuk menyangkal bahwa pendaratan di Bulan adalah kabar bohong (hoax).

Demo tersebut memang lebih berpihak kepada mereka yang percaya pada pendaratan manusia di Bulan. Walau demikian, sah-sah saja jika ada sebagian orang yang merasa skeptis terhadap hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com