Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambah Layanan Cloud, Adobe Akuisisi Aviary

Kompas.com - 23/09/2014, 12:51 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Adobe mengakuisisi Aviary, perusahaan yang menyediakan tools editing foto bagi aplikasi yang dibuat oleh developer. Aviary juga memiliki aplikasinya sendiri di platform Android, iOS, dan Windows Phone.

Hingga kini, semenjak diperkenalkan pada 2007 llau, aplikasi Aviary diklaim telah diunduh lebih dari 100 juta kali di berbagai platform mobile.

Langkah pembuat aplikasi Photoshop dan Illustrator dalam mengakuisisi Aviary tersebut sebagai upaya Adobe untuk terjun ke bisnis layanan cloud, dengan mengembangkan bisnis model berlangganan dan meninggalkan model paket aplikasi.

Menurut Adobe, seperti dilansir dari The Wall Street Journal, Senin (22/9/2014), Aviary akan dimasukkan dalam strategi Creative Cloud-nya dengan menawarkan aplikasi Creative SDK bagi pengembang aplikasi.

CEO Aviary, Tobias Peggs dalam blog-nya menulis, Aviary dan Adobe selama ini memiliki kedekatan. Keduanya, juga dikatakan Peggs, sama-sama memiliki visi terhadap mobile creativity.

Dengan Creative SDk tersebut, pengembang bisa menggunakan layanan Adobe untuk membuat aplikasi editing foto, dan menambah koneksi antara perangkat mobile dengan produk-produk Adobe.

Adobe Creative SDK juga memberikan akses antarmuka aplikasi pemrograman yang sebelumnya hanya terbatas untuk tim pengembang internal Adobe, kepada pengembang aplikasi di luar Adobe.

Aviary juga akan menambahkan layanan bagi pengembang untuk menyimpan hasil karyanya ke dalam format file Adbe Creative Cloud, akses ke teknologi Photoshop, dan sebagainya.

Adobe tidak merinci secara pasti berapa nilai akuisisinya terhadap Aviary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com