Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Blokir Instagram Gara-gara Demo Pemilu Langsung

Kompas.com - 29/09/2014, 10:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Pemerintah Tiongkok dilaporkan telah memblokir layanan jejaring sosial foto, Instagram di negaranya. Hal itu dilakukan terkait menyebarnya foto-foto demonstrasi yang menuntut pemilihan langsung yang demokratis di Hong Kong, yang tak kunjung mereda hingga Senin (29/9/2014).

Para pendemo yang kebanyakan pelajar dan mahasiswa menentang keputusan Pemerintah Beijing yang meniadakan pemilihan langsung untuk penguasa wilayah Hongkong pada 2017.

Situs Blocked In China yang memonitor sensor internet yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok, diberitakan The Verge (28/9/2014), mengatakan bahwa Instagram telah diblokir di Tiongkok. Pemerintah mencoba mencegah foto-foto yang diunggah dari Hong Kong sampai ke  pengguna di Tiongkok daratan.

Situs Greatfire.org juga mengonfirmasi bahwa pengguna Instagram di Tiongkok daratan tidak bisa mengakses layanan Instagram.

Namun, pemblokiran itu sifatnya tidak menyeluruh, atau pemblokiran total. Pengguna Instagram di Hong Kong masih bisa mengunggah foto-foto suasana demonstrasi yang digelar di pusat bisnis Hong Kong tersebut. Foto-foto demonstrasi itu banyak yang menggunakan tagar #OccupyHK atau #OccupyCentral.

Sebelumnya, pemerintah Tiongkok belum pernah menyensor jejaring sosial foto tersebut. mereka lebih konsen memberangus konten-konten yang disebarkan di Facebook, Twitter atau Google.

Namun, karena jumlah foto-foto demonstrasi yang disebarkan melalui jejaring Instagram semakin membanjir, pemerintah Tiongkok akhirnya memutuskan untuk memblokir Instagram.

Protes di Hong Kong tersebut mayoritas dilakukan oleh anak-anak muda yang melek jejaring sosial. Protes itu sendiri hingga Senin (29/9/2014) telah memasuki hari yang ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com