Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Resmi Jual 3.500 Menara BTS Rp 5,6 Triliun

Kompas.com - 01/10/2014, 13:07 WIB
KOMPAS.com - PT XL Axiata akhirnya melepas sebanyak 3.500 unit menara telekomunikasi kepada pemenang lelang, PT Solusi Tunas Pratama Tbk (STP). XL Axiata melepas ribuan menara BTS tersebut seharga Rp 5,6 triliun.

Pembayaran transaksi seluruhnya dalam bentuk tunai. Keduabelah pihak juga telah meneken perjanjian pembelian aset (asset purchase agreement-APA).  

Bersamaan dengan perjanjian tersebut, XL Axiata dan SUPR juga menandatangani perjanjian induk sewa menara. Dalam kesepakatan itu, XL Axiata setuju untuk menyewa kembali menara yang telah dijual untuk jangka waktu 10 tahun.

Tidak hanya itu, operator seluler ini juga memperoleh persyaratan sewa yang kompetitif sebagai penyewa utama. Hal ini, menurut manajemen XL Axiata memberikan manfaat berupa penghematan atas belanja modal dan biaya operasional perusahaan.

Hasnul Suhaimi, Chief Executive Officer XL Axiata menilai, penjualan menara ini merupakan strategi untuk merealisasikan nilai portofolio yang dimiliki perseroan.

"XL akan menggunakan dana hasil transaksi ini untuk mengurangi sebagian beban hutang," ujarnya dalam pernyataan resmi, Rabu (1/10/2014).

Sementara itu, Nobel Tanihaha, Presiden Direktur SUPR bilang, transaksi ini tentu menambah portofolio aset menara yang dimiliki dan menumbuhkan jumlah penyewaan.

"Transaksi ini semakin memantapkan posisi STP (Solusi Tunas Pratama) dalam tiga besar perusahaan penyedia menara independen di Indonesia," tutur Nobel. (Amailia Putri/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com