Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Facebook "Terpaksa" Pakai Whatsapp

Kompas.com - 08/10/2014, 08:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Bloomberg
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg

KOMPAS.com - Tak semua orang menggunakan Facebook. Mark Zuckerberg, pendiri jejaring sosial itu pun, pernah "terpaksa" beralih menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi dengan orang yang tak memasang aplikasi Facebook di ponselnya.

Orang tersebut adalah Brendan Iribe, CEO Oculus, perusahaan pengembang headset virtual reality yang diakuisisi Facebook senilai Rp 22 triliun pada bulan Maret lalu.

Padahal Facebook memiliki aplikasi pesan instan sendiri yang bernama Messenger. Tapi, karena Iribe juga tidak memasang software itu pada ponselnya, maka ia meminta Zuckerberg untuk menghubunginya lewat WhatsApp.

Ketika itu Facebook baru mengumumkan akuisisi atas WhatsApp, jadi Iribe sekalian menyarankan Zuckerberg agar mencoba produk perusahaan yang baru dibelinya tersebut.

Zuckerberg biasanya mendiskusikan soal bisnis dengan rekannya sambil jalan-jalan santai di sekitar Silicon Valley. Namun Iribe tinggal di tempat berbeda sehingga agak sulit diajak untuk melakukan pertemuan seperti itu.

"Jadi, kami ngobrol soal perjanjian (akuisisi Oculus oleh Facebook) lewat WhatsApp," kata Iribe dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh Bloomberg. Menurut dia, Zuckerberg sangat responsif ketika dihubungi via WhatsApp.

Minggu ini, Iribe mengunjungi markas Facebook di Menlo Park, California, untuk bertemu Zuckerberg dan eksekutif lainnya. Kedua orang itu masih sering berkomunikasi lewat WhatsApp saat tidak sedang bertatap muka.

Menurut Iribe, Zuckerberg sering kali menulis panjang di WhatsApp untuk menuangkan pikirannya. Pesan kerap dikirim secara bertubi-tubi sehingga menambah panjang baris obrolan yang harus dibaca. "Setelah beberapa lama, saya berpikir bahwa sebaiknya mungkin kami  berkomunikasi lewat telepon saja," kata Iribe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com