Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daripada Pakai Truk, Lebih Baik Lewat Cloud

Kompas.com - 11/10/2014, 12:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis


KOMPAS.com - Di industri tertentu, truk digunakan sekadar untuk mengantarkan penguji dan hasil ujinya ke kantor. Padahal, daripada menggunakan truk, gunakan saja cloud.

Hal ini terjadi di industri kontraktor pemasangan kabel. Seperti disampaikan oleh Fluke Networks, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Sabtu (11/10/2014), terdapat biaya transportasi truk yang hanya digunakan untuk mengantar tester kembali ke kantor.

Proses yang tidak efisien itu adalah bagian dari survei Fluke Networks terhadap lebih dari 1.000 penginstalasi kabel. Menurut hasil survei itu, manajemen hasil tes yang buruk menciptakan hambatan yang signifikan pada produktivitas dan profitabilitas.

Misalnya, disebutkan bahwa dalam satu bulan kontraktor menghabiskan waktu rata-rata sekitar 15,2 jam - hampir dua hari kerja - untuk mengatasi masalah hasil tes tersebut.

Hal itu tidak termasuk waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil tes kembali ke kantor untuk analisis dan laporan.

Oleh karena itu Fluke Networks mengumumkan LinkWare Live, layanan berbasis cloud pertama yang memungkinkan pengguna tester sertifikasi Versiv mengunggah, mengelola, dan menganalisis hasil tes sertifikasi dari proyek pemasangan kabel.

Teknologi ini menyediakan akses real-time ke hasil pengujian dan memperluas dukungan untuk para teknisi di lapangan. Artinya, tidak perlu lagi menunggu truk mengantarkan tester untuk mengetahui hasil uji.

Memang selama ini, bagi kontraktor pemasangan kabel, mengumpulkan hasil tes sertifikasi adalah sebuah tantangan besar. Hasil tersebut disimpan pada tester yang sering berpindah dari satu lokasi kerja ke lokasi kerja lainnya yang bisa berjarak ratusan kilometer.

Belum lagi masalah seperti Kartu memori yang terhapus atau gagal secara tidak sengaja yang dapat menghilangkan hasil pekerjaan beberapa hari.

Hal itu yang diharapkan dapat dicegah dengan Linkware Live. Layanan ini tersedia secara gratis bagi pelanggan Versiv.

“LinkWare Live adalah langkah selanjutnya dalam evolusi pengujian kabel dan sertifikasi, menawarkan visibilitas ‘di mana saja kapan saja’ yang pertama dalam industri,” kata Jason Wilbur, wakil presiden dan general manager Datacom Installation business unit di Fluke Networks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com