Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Skype, Google Bawa Hangouts ke PC

Kompas.com - 13/10/2014, 16:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google memiliki aplikasi pesan isntan yang selama ini telah terpasang di semua smartphone Android lisensinya, yaitu Google Hangouts. Kini, Google juga menyediakan platform pesan instan itu untuk pengguna desktop.

Aplikasi pesan instan Google bagi pengguna desktop tersebut diberi nama Hangouts Chrome. Google mengumumkan ketersediaan aplikasi itu dalam postingan di blog resminya pada Kamis (9/10/2014).

Ide membawa Hangouts ke dalam versi desktop adalah agar pengguna tidak bolak-balik mengecek layar smartphone saat mereka sedang beraktivitas di depan komputer.

Kemungkinan, Google ingin mencoba bersaing dengan Skype yang kini dimiliki oleh Microsoft. Baru-baru ini, Skype juga memperkenalkan tampilan baru halaman aplikasinya.

Sementara untuk Hangouts Chrome, tampilannya memiliki daftar kontak, percakapan, dan lain sebagainya yang diletakkan di sisi tepi kanan layar komputer. Hangouts Chrome versi desktop juga bisa tersinkronisasi dengan semua perangkat yang memiliki Hangouts.

Walau Hangouts Chrome hadir sebagai aplikasi tambahan di browser Chrome, namun Google membuat aplikasi tersebut bekerja secara terpisah dari browser. Dengan demikian, pengguna tidak harus membuka browser untuk menggunakan layanan Hangouts Chrome.

Fitur panggilan suara dan video juga diberikan oleh Google. Pengguna kini bisa menelepon semua nomor telepon di dunia dari desktop melalui fitur Hangouts dialer.

Aplikasi Hangouts Chrome bisa dicoba dengan mengunduhnya melalui Chrome Web Store di tautan berikut ini. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com