Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Project Katalis: Arsip Musik Digital, Sejarah Indonesia

Kompas.com - 17/10/2014, 12:27 WIB
KOMPAS.com - Project Katalis adalah sebuah platform untuk mempertemukan dan mendorong kolaborasi antara para pegiat gerakan sosial (social movement) dengan para developer aplikasi untuk menciptakan solusi teknologi yang bertujuan mendukung gerakan tersebut memiliki dampak yang lebih besar.

Program ini mengambil semangat Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan pemuda untuk bergerak menuju Indonesia lebih baik.

Industri musik di Indonesia sudah mengakar begitu lama sejak dahulu kala, tapi sayang belum ada pengarsipan dan dokumentasi musik yang memadai. Banyak dari arsip tersebut tidak terawat dan menghilang satu persatu, mengakibatkan masyarakat sulit mendapatkan referensi musik populer.

Irama Nusantara dibangun untuk mengajak masyarakat luas turut terlibat, berkolaborasi, dan mendukung dari kegiatan pelestarian khazanah musik Indonesia.

Baca juga di: http://ziliun.com/id/articles/belajar-sejarah-indonesia-lewat-arsip-musik-digital  

Irama Nusantara mengubah data fisik seperti piringan hitam, pita kaset, maupun betamax dan mentranskripnya dalam bentuk data digital.

Data ini kemudian dikumpulkan menjadi sebuah perpustakaan musik digital yang dapat diakses oleh masyarakat umum untuk berbagai hal, mulai dari apresiasi hingga keperluan riset untuk meningkatkan kualitas industri musik Indonesia.

Mereka membayangkan situs www.iramanusantara.org sebagai sebuah sistem yang terintegrasi, serta lebih interaktif dan terstruktur, karena data dan koleksi ini nantinya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Bagaimana arsip yang sedemikian banyak ini dapat mudah diakses dan dipelajari datanya oleh lebih banyak orang.

Dukung industri musik Indonesia dengan belajar mengapresiasi sejarah, yuk kita bantu Irama Nusantara dan mimpi besar mereka!

Tertarik untuk membantu gerakan-gerakan sosial dalam Project Katalis? Daftarkan diri Anda melalui katalis.ziliun.com.

KompasTekno merupakan rekanan media untuk Project Katalis. Dalam beberapa hari belakangan profil gerakan sosial dalam Project Katalis telah ditampilkan di KompasTekno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com