Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan di BBM Baru Bisa Terhapus Otomatis

Kompas.com - 21/10/2014, 09:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Tak lama lagi pengguna aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) bakal bisa memanfaatkan fitur "pesan privat" di mana pesan yang terkirim bisa diatur agar segera menghilang setelah batas waktu tertentu.

Menurut keterangan dari blog BlackBerry yang dikutip oleh Slash Gear, fitur baru bernama "Timed Message" ini nantinya bisa diakses lewat sebuah icon timer di dalam aplikasi BBM.

Di sini, pengguna bisa memilih rentang waktu antara 1 hingga 15 detik untuk mengatur "masa berlaku" dari sebuah pesan. Begitu pesan dalam bentuk teks atau foto terkirim dan dibuka, si  penerima hanya akan bisa melihat pesan selama waktu yang ditentukan tersebut sebelum pesan terhapus secara otomatis.

Ada pula fitur lain bernama "Message Retraction" untuk menarik kembali pesan yang sudah dikirim. Pengguna cukup menyentuh tampilan chat bubble yang ingin ditarik kembali selama beberapa saat untuk menghapusnya.

Pihak BlackBerry mengatakan bahwa kedua fitur baru tersebut ditujukan untuk meningkatkan privasi pengguna BBM. "Kita selalu mencari cara untuk mencegah agar pesan jangan sampai sampai diterima oleh pihak yang salah atau dilihat oleh orang selain penerima," tulis BlackBerry.

BlackBerry Fitur Timed Message di BBM


Timed Message dan Message Retraction kini masih berada dalam tahap pengujian. Kedua fitur itu rencananya bakal disertakan dalam BBM versi 2.5 untuk platform Android, iOS, dan BlackBerry 10. Waktu rilis BBM versi 2.5 masih belum diketahui.

Kemampuan pesan yang bisa terhapus sendiri alias "ephemereal messaging" ini pertama kali dibawa ke permukaan oleh aplikasi pesan instan Snapchat yang populer di AS.

Tentu, kerahasiaan tak bisa dijamin 100 persen karena  si penerima masih bisa mengambil screenshot biarpun pesan akan terhapus secara otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com