Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S6 Diharapkan Jadi Penyelamat Samsung

Kompas.com - 21/10/2014, 12:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Menurunnya penjualan smartphone Samsung Galaxy S5 dan menurunnya profit Samsung membuat raksasa Korea itu mempercepat rilis smartphone Galaxy S6. Kabarnya, perangkat unggulan Samsung itu akan diperkenalkan Februari tahun depan.

Tahun ini, Samsung memprediksi profit tahunannya akan turun sebesar 60 persen. Para analis mengatakan Galaxy S6 yang dirilis bisa menjadi penyelamat Samsung.

Smartphone premium itu memiliki peran untuk bersaing dengan iPhone 6 dan mengembalikan bisnis Samsung pada jalurnya.

Berikut adalah beberapa rumor tentang Samsung Galaxy S6 yang dilansir KompasTekno dari situs Trusted Reviews (17/10/2014).

Layar

Samsung telah mengumumkan bahwa pihaknya akan merilis teknologi layar UHD 3.840 x 2.160 piksel ke dalam perangkat smartphone-nya pada tahun 2015 nanti, namun Galaxy S6 dinilai terlalu cepat untuk mengadopsinya.

Karena itu, akan lebih masuk akal jika Samsung mengandalkan layar resolusi QHD 2560 x 1440 piksel, seperti yang saat ini dilakukan LG dengan smartphone G3-nya.

Soal ukuran, layar milik lini Samsung Galaxy telah berevolusi dari ukuran 4 inci hingga 5,1 inci selama lima generasi. S6 diprediksi mengusung layar antara 5,2 hingga 5,3 inci.

Spesifikasi

Spesifikasi yang diusung Galaxy S6 meneruskan apa yang sudah ada dalam S5, dengan sedikit peningkatan.

Di perangkat S5, Samsung telah memperkenalkan berbagai teknologi seperti pemindai sidik jari, sensor pengukur detak jantung, dan fitur ketahanan terhadap air. Fitur-fitur itu akan tetap dijumpai di seri Galaxy S6.

Untuk prosesor, Samsung diprediksi akan melakukan peningkatan di sektor ini karena produsen prosesor Qualcomm mengatakan akan merilis chipset Snapdragon 808 (64-bit, six-core) dan 810 di awal tahun 2015.

Galaxy S6 bisa memiliki kesempatan menjadi yang pertama mengusung chipset terbaru itu jika melihat rentang waktu peluncuran yang berdekatan. Saat ini, Samsung Galaxy S5 memiliki chipset quad-core Snapdragon 801 2,5 GHz.

Prosesor yang akan diusung Galaxy S6 disinyalir adalah prosesor teranyar Samsung, Exynos 7 dengan CPU octa-core, teridir atas empat proseosr Cortex A-57 dan empat prosesor Cortex A-53.

Tanggal peluncuran

Samsung belum merilis kapan Galaxy S6 akan diluncurkan. Namun, semenjak seri Galaxy S2, Samsung selalu merilis perangkat smartphone unggulannya di ajang Mobile World Congress di Barcelona yang diselenggarakan tiap tahunnya pada bulan Februari.

Di tahun 2015 nanti, ajang MWC akan digelar pada awal Maret. Galaxy S6 diyakini akan diumumkan Samsung pada tanggal-tanggal penyelenggaraan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com