Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Windows 10 Jadi Mirip Windows Phone

Kompas.com - 23/10/2014, 15:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Tech Radar
Ilustrasi Windows 10

KOMPAS.com - Awal minggu ini, Microsoft menyalurkan update build 9860 untuk Windows 10 Technical Preview. Terdapat sejumlah fitur baru yang ditambahkan. Satu yang paling mencolok adalah hadirnya “action center” yang selama ini ditemukan di ponsel Windows Phone.

Sebagaimana dilansir Tech Radar, Action Center tak lain merupakan pusat notifikasi di mana pengguna bisa mengakses semua alert yang muncul dari sistem, seperti e-mail, instant messenger, hingga posting dari jejaring sosial. Action Center bisa diakses dari area taskbar.

Microsoft agaknya turut mengambil pelajaran yang didapat dari platform lain (dalam hal ini Windows Phone) dan mengaplikasikannya ke Windows 10.

“Kami meninjau semua jenis produk untuk menghadirkan pengalaman hebat kepada pengguna yang menggunakan beragam perangkat,” tulis direktur manajemen program Windows Microsoft Gabe Aul dalam sebuah posting blog yang menjelaskan update Windows 10 Technical Preview tersebut.

Microsoft Pusat notifikasi action center di Windows 10 Technical Preview

Aul menambahkan bahwa update kali ini dimaksudkan untuk menghadirkan fungsi-fungsi dasar dari fitur baru itu terlebih dahulu. Dia menjanjikan fungsi tambahan bakal tersedia di masa depan.

Windows 10 rencananya memang bakal dipakai tak hanya di PC desktop, melainkan juga semua jenis gadget, seperti tablet dan smartphone. Dengan kata lain, perangkat-perangkat itu nantinya akan menggunakan sistem operasi yang seragam.

Windows 10 Technical Preview sendiri merupakan versi “beta” dari Windows 10 yang dirilis untuk keperluan pengujian serta pengembangan lebih lanjut, termasuk dengan mengolah feedback dari pengguna.

Update build 9860 yang akan diunduh secara otomatis di komputer pengguna Windows 10 Technical Preview turut mencakup hal-hal lain seperti animasi baru ketika berpindah desktop dan shortcut untuk multitasking.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com