Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Temukan Cara Mempercepat 3G

Kompas.com - 24/10/2014, 12:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Walau divisi perangkat mobile-nya telah diakuisisi Microsoft, namun perusahaan Finlandia, Nokia tetap melakukan riset untuk meningkatkan performa smartphone di frekuensi 3G.

Baru-baru ini, Nokia melakukan uji coba software terbarunya yang diklaim bisa mempercepat browsing sekaligus menghemat baterai.

Software tersebut diberi nama Nokia High Speed Cell FACH. Dilansir KompasTekno dari Trusted Reviews (22/10/2014), fitur tersebut bisa meningkatkan kecepatan browsing hingga 20 persen dibanding teknologi 3G yang sudah ada saat ini.

Selain itu, teknologi yang dikembangkan Nokia itu juga diklaim bisa memangkas network signalling oleh smartphone sebesar 80 persen, serta mendongkrak waktu respon hingga 65 persen.

Dengan semua kelebihan di atas, High Speed Cell FACH juga dikatakan menghasilkan daya tahan baterai yang 40 persen lebih lama.

Pengujian dilakukan oleh Nokia dengan menjalankan berbagai aplikasi di smartphone, seperti WhatsApp, Messenger, Facebook, browsing web, serta berkirim e-mail.

Menurut Nokia, agar mendapatkan hasil yang maksimal, High Speed Cell FACH harus dijalankan dengan smartphone yang mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon.

"Dengan banyaknya smartphone 3G yang beredar saat ini, maka penting untuk meningkatkan efisiensi jaringan dalam beban frekuensi yang tinggi," ujar Thorsten Robrecht, vice President Mobile Broadband Nokia Networks.

Menurutnya, selama ini Nokia Networks telah memiliki beragam fitur software untuk meningkatkan kemampuan smartphone dalam mencari sinyal.  "High Speed FACH adalah jawabannya," demikian ujar Robrecht.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com