Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Xiaomi: iPhone 6 Menjiplak HTC

Kompas.com - 29/10/2014, 12:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GigaOM
VIce President Global Xiaomi Hugo Barra ketika mendemonstrasikan kemampuan smartphone Xiomi Redmi 1S dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (27/8/2014)

KOMPAS.com - Sempat disebut sebagai peniru produk Apple, Wakil Presiden Xiaomi Hugo Barra kembali menampik tuduhan tersebut ketika berbicara di panggung acara WSJ.D Live, Selasa (28/10/2014) kemarin.

Barra pun balik menuduh bahwa Apple sendiri  mengambil inspirasi dari pesaingnya. Dia mencontohkan smartphone baru andalan perusahaan tersebut.

"iPhone 6 itu memiliki bahasa desain yang sangat mirip dengan HTC," katanya, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari GigaOm (29/10/2014).

"Coba tunjukkan pada saya produk baru mana yang punya bahasa desain yang benar-benar berbeda. Anda tak akan bisa menemukannya," lanjut Barra seolah menantang.

Barra juga menjelaskan bahwa sistem operasi mobile terbaru Apple, iOS 8, banyak mencomot ide dari software Android dan meningkatkannya lebih jauh.

Meski demikian, Barra memuji iPhone 6 dengan menyebutnya sebagai "ponsel terindah yang pernah dibuat", dan mengatakan bahwa Apple adalah "pusat desain dunia".

Secara tak langsung, dia turut mengakui bahwa Xiaomi juga mengambil inspirasi dari karya pihak lain "Desainer-desainer kami terinspirasi oleh produk dan rancangan hebat yang ada di luar sana," sebut Barra.

Sebelumnya, kepala desain Apple Jony Ive sempat menuding pihak-pihak yang dinilainya meniru desain Apple sebagai "pencuri yang malas". Presiden Xiaomi Lin Bin kemudian merasa tersinggung dengan ucapan Ive dan menyuruhnya mencoba produk Xiaomi dulu sebelum berkomentar.

Senada dengan Bin, Barra pun melontarkan imbauan yang sama.  

"Mereka yang melihat gambar di situs web kemudian mengkritik bahwa kami telah melakukan pencurian perlu melihat lebih dekat," kata Barra. "Saya mengundang mereka untuk menjajal produk kami secara langsung."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GigaOM
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com