Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Android dan iOS Meroket di Indonesia

Kompas.com - 30/10/2014, 13:42 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu negara yang menjanjikan bagi para pengembang dan penerbit aplikasi untuk memasarkan aplikasi buatan mereka.

Hal tersebut terungkap dalam laporan firma analitik aplikasi, App Annie dan asosiasi konten mobile dan penjualan MEF.

Dalam laporan yang dipublikasikan Tech Crunch (28/10/2014) dan dikutip KompasTekno, Indonesia bersama dengan empat negara lain, yaitu Brazil, Meksiko, Turki, dan India, memiliki jumlah pertumbuhan unduhan aplikasi Android dan iOS yang signifikan pada kuartal tiga 2014 ini.

Saat membandingkan data unduhan aplikasi Android dan iOS antara kuartal tiga tahun 2013 dan 2014, pertumbuhan unduhan aplikasi mobile di Indonesia naik 1,7 kali lipat atau sekitar 70 persen.

Brazil menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan unduhan aplikasi tertinggi, mencapai dua kali lipat atau 100 persen jika dibandingkan tahun per tahunnya.

Menurut kedua lembaga analitik aplikasi di atas, pertumbuhan tingkat unduhan aplikasi yang tinggi di kelima negara tersebut didukung oleh banyaknya smartphone Android murah yang dipasarkan di kelima negara tadi.

Jumlah unduhan aplikasi di Google Play Store lebih tinggi 60 persen jika dibandingkan dengan jumlah aplikasi yang diunduh dari toko aplikasi Apple App Store yang hanya sekitar 23 persen di tahun 2013 lalu.

Namun, dalam hal pendapatan, toko aplikasi Apple jutsru lebih unggul jika dibandingkan dengan toko aplikasi Google Android. Pertumbuhan revenue Apple App Store tahun ini mencapai 60 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com