Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Kini Sudah di Bawah Apple dan Samsung

Kompas.com - 30/10/2014, 16:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal Tiongkok, Xiaomi berhasil menyalip dua vendor besar lain, LG dan Huawei untuk menjadi produsen smartphone terbesar nomor tiga di dunia.

Hal itu diungkapkan oleh laporan terbaru yang dirilis oleh firma Strategic Analytics, seperti dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (30/10/2014).

Dalam laporan tersebut, Xiaomi disebut mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan. Pangsa pasarnya terdongkrak dari 2,1 persen di kuartal tiga 2013 lalu dan kini menjadi 5,6 persen di periode yang sama tahun 2014.

Torehan pangsa pasar Xiaomi tersebut hanya unggul tipis dari pabrikan Korea, LG yang dalam laporan tersebut memiliki torehan pangsa pasar sebesar 5,2 persen di pasar global.

Strategic Analytics Tabel pengiriman dan pangsa pasar smartphone global Q3 2014 menurut Strategic Analytics
Sepanjang kuartal tiga 2014, Xiaomi disebut telah mengirimkan 18 juta smartphone. Sementara dalam periode yang sama di tahun lalu, jumlah pengirimannya hanya 5,2 juta unit.

Pertumbuhan bisnis Xiaomi menurut Strategic Analytics didorong oleh penjualan perangkat murahnya di negara-negara berkembang, seperti Tiongkok, India, dan Indonesia. Di segmen itu, Xiaomi memiliki seri Redmi 1S yang di Indonesia dijual dengan harga Rp 1,5 juta.

Samsung dan Apple tetap menempati peringkat pertama dan kedua di pasar smartphone global. Pangsa pasar Samsung di kuartal tiga 2014 dilaporkan sebesar 24,7 persen, sementara Apple sebesar 12,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com