Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Bermain game Jadi Lebih Asyik Pakai Dua Kartu Grafis

Kompas.com - 31/10/2014, 13:10 WIB
advertorial

Penulis

Banyak notebook yang memasang kartu grafis dengan spesifikasi tinggi untuk menarik perhatian para gamers. ASUS menawarkan sesuatu yang berbeda, notebook dengan dua kartu grafis di seri X550 DP. Terlihat jelas kalau pabrikan asal Taiwan ini ingin membuat laptop yang multifungsi bagi penggemar game.

Kartu grafis pertama adalah AMD Radeon™ HD 8650G yang terbenam dalam prosesor AMD Elite Quad-Core A10-5750 APU. Kedua, notebook ini didukung oleh AMD Radeon™ HD 8670M dengan RAM 2GB. Nah, fitur AMD dual graphics membuat notebook seberat 2,2 kg ini lancar memainkan game berat.

Selain kartu grafis yang mumpuni, ada beberapa hal menarik lainnya di dapur pacu Notebook ASUS X550 DP. Tengok saja jeroannya, ada hard disk berukuran 1 TB. Lantas, RAM 4 GB dan mendukung dual channel. Tidak hanya itu, teknologi AMD Turbo Core dapat mengoptimalkan performa prosesor yang 2.50 GHz menjadi 3.50 GHz.

Bermain Game

 Dalam paket penjualan, ASUS bersama AMD menyediakan game gratis yang bisa diklaim hingga akhir Januari 2015. Salah satu game berat itu adalah Tomb Raider. Saat kali pertama menjalankan game ini, seting permain akan otomatis menyesuaikan dengan kemampuan kartu grafis.

 Petualangan Lara Croft di edisi game kali ini berjalan dengan lancar. Kemampuan kartu grafis di Notebook ASUS X550 DP ini bisa mencapai 25.5 fps (frame per second). Malah, angka maksimal pengiriman gambar per detiknya bisa mencapai 30.3. Dengan angka itu, permainan berjalan smooth.

 Kalau iseng mau mencoba seting grafis yang lebih tinggi juga bisa. Tapi kerap tersendat kalau menjadikan perubahan ke tingkat tertinggi. Malah, untuk tingkat ultimate, fps turun dikisaran 8 dengan nilai tertinggi 12.1. Jadi, bijak untuk memilih setingan grafis.

 Selain Tomb Raider, AMD pernah mempromosikan kalau prosesor seri APU kuat menjalankan game Battlefield 4. Permainan ini paling asyik untuk dimainkan secara multiplayer. Bagaimana kemampuan notebook ini ya? ternyata game ini berhasil dijalankan dengan baik.

 Buktinya, fps yang didapat rata-ratanya mencapai 16 dan tertingginya menembus angka 26. Tidak terlalu tinggi, tapi masih bisa menjalankan permainan dengan lancar. Tapi, perlu diperhatikan kalau setingan game ini di mode auto. Jangan lupa juga ya, kalau main multiplayer stabilitas koneksi internet ikut menyumbang kelancaran bermain.

 Berbagai game juga sempat dijadikan uji coba. Sebut saja seperti Street Fighter IV Ultra yang mampu dijalankan di parameter tertinggi dengan mengaktifkan filtering sampai 16x dan soft shadow diubah keesktreme. Fps di parameter itu mencapai 54 per detik.

 Begitu juga dengan game balap semacam GRID Autosport. Kartu grafisnya bisa membaca gambar dengan baik untuk seting medium. Fps yang dihasilkan mencapai 26 per detiknya.Notebook ASUS X550D juga lancar untuk bermain Dynasty Warrior 8 dengan seting grafis tertinggi.

 Bekerja Juga Nyaman

 Tidak hanya urusan bermain game, notebook ini juga nyaman untuk dipakai bekerja. Keyboard di Notebook ASUS X550D bisa dibilang lengkap. Untuk menyesuaikan dengan layar jumbo yang mencapai 15.6 inch, ada tempat yang lapang bagi keyboard. Itulah kenapa, ada numeric pad di sisi kanan.

 Tuts keyboard nyaman digunakan untuk mengetik karena tidak keras. Meski demikian, tidak adanya backlight membuat notebook ini kurang cocok untuk digunakan mengetik di tempat kurang cahaya.

 Dukungan touch pad yang berukuran lega membuat jari lebih leluasa saat diajak bekerja. Apalagi, smart gesture yang disediakan membuat touch pad makin menyenangkan digunakan saat browsing atau mengetik. Kalau mau menaikan atau menurunkan halaman, tinggal menyapu dua jari di touch pad.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com