Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi "Penyiksa Komputer" PCMark Kini Ada di Android

Kompas.com - 31/10/2014, 15:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Futuremark, perusahaan yang menyediakan peranti benchmark untuk PC ini merambah segmen mobile dengan memperkenalkan tools aplikasi benchmark, yaitu PCMark for Android.

PCMark yang selama ini dikembangkan oleh Futuremark di platform desktop, kini hadir pula di platform mobile Android. Nampaknya, Futuremark sengaja mempertahankan nama PCMark di platform mobile karena namanya yang sudah dikenal di kalangan antusias PC.

Dilansir Android Community dan dikutip KompasTekno, Jumat (31/10/2014), aplikasi PCMark for Android itu diklaim bisa mengukur performa perangkat mobile dan elemen-elemen lain yang tidak di-isolasi.

PCMark for Android juga menguji perangkat pengguna berdasar performanya sehari-hari, bukan hanya berdasar pada satu algoritma saja seperti yang selama ini dipakai di platform PC.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui GooglePlay Store. Pengguna diwajibkan untuk mengunduh file pengujian dengan kapasitas kurang lebih 400 MB. Setelah selesai diunduh, baru pengujian performa dan daya tahan baterai bisa dijalankan.

Futuremark menjanjikan akan menambahkan serangkaian pengujian di masa depan, bukan hanya performa dan daya tahan baterai saja.  Selama ini, benchmark Antutu sering digunakan sebagai patokan untuk menilai kinerja sebuah perangkat Android. Lalu apakah Futuremark bisa menciptakan standar benchmark yang baru?

Anda bisa mengunduh aplikasi PCMark for Android melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com